Menjelajah Rupa Bumi dengan Teknologi Satelit
Jul 11, 2016
NASA Pastikan Pokemon GO Tidak Bisa Dimainkan di Stasiun Luar Angkasa
Jul 12, 2016

Ini Cara Cerdas Korea Selatan yang Membuat Ibu Hamil dapat Leluasa Duduk di Kereta

Busan Pink Light Campaign via busanhaps.com

Busan Pink Light Campaign via busanhaps.com

Busan Pink Light Campaign via busanhaps.com

Bagi yang pernah merasakan kereta Commuter Line di Jabodetabek, berdesak-desakan di kereta merupakan situasi wajib yang harus dihadapi. Pun dengan ibu hamil, walaupun sudah mendapatkan jatah kursi prioritas yang telah tersedia, namun seringkali penumpang lain yang telah menduduki kursi prioritas itu lebih dulu tidak mau mengalah.

Alhasil jika dihadapkan pada kondisi tersebut, ibu hamil hanya bisa berdiri sambil menunggu belas kasih penumpang lain yang rela memberikan tempat duduk untuknya. Namun di Korea Selatan, hal seperti itu tidak akan terjadi lagi. Ada kampanye menarik di korea selatan yang akan memastikan ibu hamil mendapatkan tempat duduk di kereta!

Busan, salah satu kota di Korea Selatan baru baru ini mengadakan kampanye yang mereka sebut dengan “Pink Light Campaign”. Sebuah kampanye yang akan mengingatkan para penumpang subway di Korea Selatan untuk memberikan tempat duduk prioritas kepada ibu hamil.

Subway di Busan telah terpasang lampu indikator merah muda (pink) yang akan menyala ketika seorang ibu hamil memasuki gerbong kereta. Lampu indikator tersebut akan memberikan tanda kepada semua penumpang kereta jika ada ibu hamil yang harus diberikan tempat duduk prioritas.

Bagaimana itu bisa terjadi? Sebelumnya, ibu hamil harus dibekali dengan chip wireless yang akan mengkatifkan lampu indikator pada kursi kereta. Chip dan sensor tersebut bisa mereka dapatkan dengan mendaftar online dan mengkonfirmasikan kehamilan mereka. Setelah itu, sensor akan dikirimkan kepada ibu hamil yang telah mendaftar melalui email.

Ketika ibu hamil tersebut duduk, lampu merah muda tersebut otomatis akan mati sendirinya. Sebaliknya, lampu akan tetap menyala ketika ibu hamil tersebut berdiri. Pink Light Campaign ini secara langsung akan meningkatkan kepedulian dan rasa bersalah penumpang kereta lain ketika melihat ibu hamil berdiri di depannya. (NMY/Techinsider)

Penasaran bagaimana bentuknya? Simak video berikut ini ya!

Nur Maulana Yusuf
Nur Maulana Yusuf
Lulusan Institut Pertanian Bogor yang tertarik dengan dunia media, teknologi, serta sosial ekonomi di Indonesia. Saat ini menjadi bagian dari Masyarakat Ilmuwan dan Teknolog Indonesia (MITI).

Leave a Reply