Target Pembangunan Indonesia 2015-2019
May 27, 2016
Google Home: Asisten Virtual dalam Kehidupan Nyata
May 29, 2016

Ingin Mencari Benda di Internet, tapi Tidak Tahu Namanya? Ini Solusinya!

Contoh Sketsa Doodle via newscientist.com

Contoh Sketsa Doodle via newscientist.com

Contoh Sketsa Doodle via newscientist.com

Terkadang ketika kita ingin mencari informasi mengenai sesuatu hal di mesin pencari internet yang kita lupa atau tidak tahu namanya. tetapi mengetahui bentuknya, hal itu menjadi sangat sulit dan cukup membuat stres.

Belum lagi jika kita adalah seseorang yang tidak begitu pandai dalam mendeskripsikan sesuatu atau merangai kata-kata. Hal ini akan lebih mudah jika kita dapat mencarinya dengan sebuah gambar atau sketsa sesuai yang kita bayangkan.

Seperti dilansir dalam newscientist.com, seorang ilmuwan komputer di Georgia Institute of Technology, Atlanta, bernama James Hays sedang membuat sebuah program komputer yang bisa meninjau sebuah sketsa dan mencarikan sebuah foto yang terlihat sama seperti sketsa yang diberikan.

Hays mengatakan bahwa program yang sedang ia dan timnya kembangkan ini merupakan sebuah langkah kemajuan yang menarik dalam mesin pencarian gambar.

Para peneliti ini merekrut 664 pekerja  pada Amazon Mechanical Turk untuk menggambar beberapa sketsa. Sebuah foto diambil secara acak dari sebuah tumpukan yang terdiri dari ribuan gambar dan lalu diperlihatkan kepada seorang pekerja selama 2 detik, masing-masing foto ini masuk ke dalam 125 kategori dari objek-objek yang mudah dikenali.

Para pekerja ini kemudian menggambar apa yang mereka lihat hanya dengan mengandalkan ingatan mereka mengenai foto yang telah mereka lihat tersebut. Seluruh grup ini menghabiskan waktu hampir 4.000 jam untuk menggambar.

Program komputer ini mencocokkan sketsa-sketsa tersebut dengan foto-foto aslinya menggunakan dua neural network. Salah satu network ini berguna untuk menganalisa sketsa, sedangkan yang lainnya untuk mengevaluasi foto apa saja yang cocok dengan sketsa yang ada. Gambar-gambar yang terkumpul akan dipilih menurut foto-foto yang memiliki kemiripan paling tinggi.

Dalam sebuah pengujian, Artificial Intellegent (AI) ini bisa mencocokkan sketsa kepada sebuah foto sebesar 37% setiap waktunya. Di mana seorang manusia bisa melakukannya secara benar sekitar 54%. Menurut Hays, ini bukanlah kemajuan yang buruk dan dapat ditingkatkan untuk  Artificial Intelligent kedepannya.

Para peneliti ini akan mempresentasikan hasil temuan mereka pada bulan Juli ini dalam ACM SIGGRAPH 2016 Conference di Anaheim, California. (CR/newscientist)

Cika Ramadini
Cika Ramadini
Mahasiswa UI tingkat kedua di jurusan Teknik Metalurgi dan Material. Sedang aktif dalam organisasi yang bergerak di bidang sosial pendidikan bernama Technique Informal School.

Leave a Reply