Menjadi Entrepreneur yang Siap Kelola Potensi Daerah
Oct 30, 2012
Kedelai Paman Sam Masih Unggul
Oct 31, 2012

Industri Kreatif A sampai Z

Apa itu industri kreatif? Segudang definisinya. Setiap negara punya batasan masing-masing. Departemen Perdagangan RI pada 2007 telah menetapkan 14 sektor yang tergolong industri kreatif. Berikut ini adalah industri kreatif ala Indonesia.

Periklanan: Kegiatan kreatif terkait dengan kreasi dan produksi iklan, antara lain: riset pasar, perencanaan komunikasi iklan, iklan luar ruang, produksi material iklan, promosi, kampanye relasi publik, tampilan iklan di media cetak dan elektronik.

Arsitektur: Terkait cetak biru bangunan dan informasi produksi, antara lain: arsitektur taman, perencanaan kota, perencanaan biaya konstruksi, konservasi bangunan warisan, dan dokumentasi lelang.

Pasar Seni dan Barang Antik: Berkaitan dengan kreasi dan perdagangan, pekerjaan, produk antik dan hiasan melalui lelang, galeri, toko, pasar swalayan, dan internet.

Kerajinan: Terkait kreasi dan distribusi produk kerajinan, antara lain barang kerajinan yang terbuat dari: batu berharga, aksesori, pandai emas, perak, kayu, kaca, porselen, kain, marmer, kapur, dan besi.

Desain: Terkait dengan kreasi desain grafis, interior, produk, industri, pengemasan, dan konsultasi identitas perusahaan.

Desain Fashion: Terkait dengan kreasi desain pakaian, desain alas kaki, dan desain aksesori mode lainnya, produksi pakaian mode dan aksesorinya, konsultasi lini produk fashion, serta distribusi produknya.

Video, Film, dan Fotografi: Terkait dengan kreasi produksi video, film, dan jasa fotografi, serta distribusi rekaman video, film. Termasuk di dalamnya penulisan skrip, dubbing film, sinematografi, sinetron, dan eksibisi film.

Permainan Interaktif: Terkait dengan kreasi, produksi, dan distribusi permainan komputer dan video yang bersifat hiburan, ketangkasan, ketangkasan, dan edukasi.

Musik: Terakait dengan kreasi, produksi, distribusi, dan ritel rekaman suara, hak cipta rekaman, promosi musik, penulis lirik, pencipta lagu atau musik, pertunjukan musik, penyanyi, dan komposisi musik.

Seni Pertunjukan: Terkait usaha pengembangan konten, produksi pertunjukan, pertunjukan balet, tarian tradisional, tarian kontemporer, drama, musik tradisional, musik teater, opera, termasuk tur musik etnik, desain, dan pembuatan busana pertunjukan, tata panggung, dan tata pencahayaan.

Penerbitan dan Percetakan: Terkait penulisan konten dan penerbitan buku, jurnal, koran, majalah, tabloid, dan konten digital serta kegiatan kantor berita.

Layanan Komputer dan Piranti Lunak: Terkait dengan pengembangan teknologi informasi termasuk jasa layanan komputer, pengembangan piranti lunak, integrasi sistem, desain dan analisis sistem, desain arsitektur piranti lunak, desain prasarana piranti lunak dan piranti keras, serta desain portal.

Televisi dan Radio: Berkaitan dengan usaha kreasi, produksi dan pengemasan, penyiaran, dan transmisi televisi dan radio.

Riset dan Pengembangan: Terkait dengan usaha inovatif yang menawarkan penemuan ilmu dan teknologi dan penerapan ilmu dan pengetahuan tersebut untuk perbaikan produk dan kreasi produk baru, proses baru, material baru, alat baru, metode baru, dan teknologi baru yang dapat memenuhi kebutuhan pasar. (RAP)

Sumber: Departemen Perdagangan RI (2007)

Beranda Inovasi
Beranda Inovasi

BERANDA INOVASI adalah portal online yang menyajikan informasi di bidang teknologi inovasi, artikel ilmiah populer, dan isu-isu seputar pangan, energi, serta lingkungan.

1 Comment

  1. Novia RL says:

    Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Industri Kreatif (Kerajinan). Tulisan diatas juga dapat menambah informasi mengenai berbagai macam kerajinan yang ada di Indonesia. Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Industri Kreatif (Kerajinan) yang bisa anda kunjungi di <a href="http://indonesia.gunadarma.ac.id/">Informasi Seputar Industri Kreatif (Kerajinan)</a>

Leave a Reply