Insectpoint dan Serangga Kaya Protein
Jul 11, 2014
Dari Pemuda, Untuk Desa, Demi Ketahanan Pangan Indonesia
Jul 14, 2014

Huntara “Bongkar Pasang”, Inovasi Mahasiswa UGM

Mahasiswa UGM kembangkan Hunian Sementara "Bongkar Pasang" untuk Korban Bencana Alam. (Dok. Situs Resmi UGM)

Berawal dari keprihatinan terhadap kondisi korban bencana alam yang tinggal di pengungsian, lima mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (FT UGM) mengembangkan hunian sementara (huntara) bagi korban bencana alam yang unik. Huntara hasil inovasi mahasiswa yang dinamai Gambooster (Gadjah Mada Bamboo Shelter) ini dibuat dengan sistem bongkar pasang.

Mahasiswa UGM kembangkan Hunian Sementara "Bongkar Pasang" untuk Korban Bencana Alam. (Dok. Situs Resmi UGM)

Mahasiswa UGM kembangkan Hunian Sementara “Bongkar Pasang” untuk Korban Bencana Alam.
(Dok. Situs Resmi UGM)

“Kami buat sistem puzzle, jadi kalai tidak dipakai lagi bisa dibongkar lalu disimpan dan bisa digunakan lagi jika terjadi bencana. Selain itu, dengan sistem ini pembangunan bisa lebih cepat,” jelas Puji Utomo, ketua tim pengembang Gambooster, seperti yang dirilis oleh Humas UGM, Senin (14/7).

Huntara yang selama ini banyak disediakan oleh pemerintah atau pihak lain memiliki beberapa kelemahan, seperti pembangunan yang memakan waktu lama, kurang praktis, dan tidak memiliki konsep keberlanjutan sehingga tidak bisa dimanfaatkan lagi di lain waktu. Gambooster dibuat dai bambu petung yang terkenal kuat dan ekonomis. Gambooster didesain menyerupai rumah panggung berukuran 4×6 m2 dan tinggi 2,5 m. Di dalam huntara ini terdapat dua kamar tidur dan satu ruang seba guna.

Seluruh rangkaian bambu dan komponen lain disambung seperti menyusun puzzle menggunakan baut dan sekrup. Semua komponen huntara disambung dengan rangkaian yang sangat rapi. Dengan demikian diharapkan korban bencana akan merasa nyaman untuk tinggal. “Bangunan juga didesain agar tahan terhadap terpaan hujan, angin, dan gempa,” jelas Puji. (DWH)

Beranda Inovasi
Beranda Inovasi
BERANDA INOVASI adalah portal online yang menyajikan informasi di bidang teknologi inovasi, artikel ilmiah populer, dan isu-isu seputar pangan, energi, serta lingkungan.

Leave a Reply