Belajar Mudah dan Menyenangkan dengan Boneka Edukasi
Jul 28, 2015
Produk Domestik Bruto Indonesia
Jul 30, 2015

Hidroponik, Solusi Keberlanjutan Pangan Masa Depan

Hidroponik Solusi Keberlanjutan Pangan Masa Depan
Hidroponik Solusi Keberlanjutan Pangan Masa DepanPertumbuhan penduduk yang pesat menjadi antitesis keberlanjutan ketersediaan pangan. Meskipun beberapa negara di dunia, termasuk Indonesia telah melakukan upaya kontrol, pertumbuhan penduduk tetap saja menunjukkan tren positif dari tahun ke tahun.

Layaknya efek domino, jumlah penduduk yang tinggi berimbas pada kebutuhan sandang, papan, dan pangan yang besar pula. Sementara itu, pemenuhan kebutuhan papan dan pangan saling bergantungan. Keduanya saling memperebutkan ketersediaan lahan.

Pembangunan gedung, perumahan, serta infrastruktur lainnya menghabiskan banyak lahan. Sedangkan, untuk memenuhi ketersediaan pangan, dibutuhkan lahan pertanian yang besar pula. Masalahnya, lahan-lahan tersebut sebagian besar sudah terpakai untuk pembangunan infrastruktur. Beberapa tahun ke depan, kebutuhan itu akan semakin meningkat dan ketersediaan lahan pertanian kian menipis. Kita semua akan terancam krisis lahan pertanian yang berujung krisis pangan.

Berkembangnya teknologi hidroponik menjadi angin segar. Hidroponik atau yang dikenal dengan istilah metode penanaman tanaman tanpa menggunakan medium tanah ini bisa menjadi solusi. Beberapa keuntungannya, pertama, hidroponik dapat dilakukan di lahan minim. Artinya, tak membutuhkan luas lahan yang besar.

Kedua, metode hidroponik dapat dilakukan dengan skala besar meskipun di lahan yang minim tersebut. Contohnya menggunakan teknik vertical hydroponic. Teknik ini memungkinkan penanaman dilakukan secara bertingkat. Jelas hal ini tak mungkin dilakukan di lahan tanah.

Ketiga, hidroponik memungkinkan pengendalian penuh terhadap lingkungan penanaman terkait suhu, kelembaban, intensitas cahaya, kecepatan angin, termasuk pengendalian penyakit dan hama. Melalui pengendalian penuh ini, produktivitas hasil tanam menjadi meningkat. Hal berbeda jika dilakukan di lahan tanah yang sangat tergantung kondisi iklim yang semakin tak menentu.

Selain beragam keunggulan yang menjanjikan ketersediaan pangan tersebut, hidroponik dapat dilakukan dengan beberapa teknik. Diantara teknik yang terkenal adalah rakit apung, nutrient film technique, aeroponik, eeb and flow system, serta drip system.

Beberapa jenis tanaman yang telah berhasil dibudidayakan dengan hidroponik di antaranya produk hortikultura berupa buah-buahan dan sayuran. Saat ini, beberapa peneliti di Jerman telah mengembangkan hidroponik untuk padi. Tidak menutup kemungkinan, beberapa tahun ke depan bisa jadi hidroponik dapat digunakan untuk budidaya komoditas pertanian lainnya.

Hidroponik Solusi Keberlanjutan Pangan Masa Depan

David Pratama
David Pratama
Mahasiswa tingkat akhir Departemen Teknik Mesin dan Biosistem IPB. Aktif menulis jurnalistik dan sastra.

Leave a Reply