Lampu LED – Teknologi Lampu Hemat Energi untuk Masa Depan
Nov 20, 2013
Penggunaan Briket Sebagai Langkah Strategis Membangun Budaya Hemat Energi Ramah Lingkungan
Nov 22, 2013

Hemat Energi, Tanggung Jawab Kita Semua

People

Sumber Ilustrasi: gettyimages.com

Energi mempunyai peranan yang sangat penting dan menjadi kebutuhan dasar dalam pembangunan  ekonomi nasional yang berkelanjutan. Oleh karena itu, energi harus digunakan secara hemat, rasional, dan bijaksana agar kebutuhan energi pada masa sekarang dan masa yang akan datang dapat terpenuhi.

Konservasi energi dalam Bab I Pasal I PP 70 Tahun 2009 merupakan upaya sistematis, terencana, dan terpadu guna melestarikan sumber daya energi dalam negeri serta meningkatkan efisiensi pemanfaatannya.

Mengutip dari PP No 70 tahun 2009 mengenai Konservasi Energi disebutkan bahwa konservasi energi menjadi tanggung jawab dari pemerintah, pemerintah daerah provinsi, pemerintah daerah kabupaten/kota, pengusaha dan masyarakat. Dari PP tersebut dapat ditarik suatu kesimpulan jika masalah konservasi energi merupakan tanggung jawab bagi kita semua, seluruh elemen dalam tatanan masyarakat.

Mengapa Kita Harus Hemat Energi?

  1. Cadangan Energi Fosil Terbatas

Berdasarkan data Indonesia Energy Outlook 2010, Pusdatin ESDM, diketahui jika presentase pengunaan energi minyak di Indonesia adalah 39%, disusul dengan batu bara sebesar 33%, gas bumi 19%, dan sisanya barulah energi terbarukan. Hemat energi dapat membantu penggunaan energi fosil seperti minyak bumi, batu bara, dan gas bumi yang perannya masih sangat dominan di Indonesia. Sedangkan kita semua tahu jika energi fosil lama-kelamaan akan habis jika terus dieksploitasi. Dengan menghemat energi, maka Indonesia akan tetap memiliki cadangan energi fosil dalam rangka menjaga ketahanan energi nasional.

  1. Mengurangi Subsidi Pemerintah untuk Energi Fosil

Masih lekat diingatan kita akan kebijakan pemerintah menaikkan haraga Bahan Bakar Minyak beberapa bulan yang lalu dikarenakan sudah jebolnya dana untuk subsidi BBM. Saat ini subsidi pemerintah untuk BBM mencapai Rp 224 Triliun rupiah (dikutip dari detik finance 14 November 2013). Subsidi pemerintah yang diberikan mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Jika kita bisa menghemat energi dan menggunakannya dengan efisien, maka subsidi pemerintah untuk BBM dapat dikurangi dan dialokasikan untuk konvensi energi terbarukan. Misalnya seperti investasi pembangunan sumber energi terbarukan dan riset inovasi efisiensi energi.

  1. Memberikan Keuntungan Langsung bagi Pengguna Energi itu Sendiri

Menggunakan energi secara hemat tentunya menguntungkan bagi diri pribadi. Hal ini terlihat langsung pada pengurangan biaya yang harus dibayarkan. Masyarakat dapat menghemat biaya energi dan dapat mengalokasikannya untuk hal lain, misal pada pendidikan. Sektor industri dapat menjadi lebih produktif dan kompetitif jika biaya pemakaian energi dapat ditekan.

  1. Mengurangi Kerusakan Lingkungan Hidup

Efisiensi energi merupakan salah satu solusi untuk mengurangi gas rumah kaca dan kerusakan lingkungan. Seperti data yang telah dipaparkan sebelumnya, sebagian besar energi yang digunakaan saat ini di Indonesia berasal dari pembakaran energi fosil yang menyebabkan polusi udara dan kerusakan lingkungan hidup. Dewan Nasional Perubahan Iklim membuat estimasi emisi gas rumah kaca di Indonesia tahun 2005 mencapai 2,1 Giga ton (Gt). Dari jumlah yang dihasilkan sekarang, bila tidak ada usaha untuk mengurangi emisi karbon, jumlahnya akan bertambah menjadi 2,9 Gt per tahun 2020. Melihat tren kenaikan tersebut, sudah saatnya Indonesia menerapkan efisiensi energi disamping menjalankan upaya lain seperti mengembangkan energi non konvensional lainnya.

Dari fakta-fakta yang telah dipaparkan di atas, maka kita sebagai bangsa Indonesia sepatutnya harus paham akan makin menipisnya sumber cadangan energi konvensional Indonesia. Hemat energi merupakan salah satu pilihan yang dapat kita lakukan mulai dari sekarang dan dilakukan oleh seluruh elemen masyarakat. Disamping itu, kita pun harus mulai mengambangkan teknologi yang lebih efisien dan mulai mengembangkan energi-energi terbarukan. Mari mulai dari hal yang kecil demi ketahanan energi Indonesia. Hemat energi adalah tanggung jawab kita semua. 

Amalia Handini Astari

Mahasiswa Program Studi Teknik Kelautan, Institut Teknologi Bandung

Referensi:

PP No 70/2009 tentang Konservasi Energi

http://dnpi.go.id/portal/id/program/agenda/361-materi-publikasi-dnpi

http://finance.detik.com/read/2013/11/14/125332/2412932/1034/lagi-subsidi-bbm-jebol-jadi-rp-224-triliun-tahun-ini (diunduh tanggal 17 November 2013)

Beranda Inovasi
Beranda Inovasi

BERANDA INOVASI adalah portal online yang menyajikan informasi di bidang teknologi inovasi, artikel ilmiah populer, dan isu-isu seputar pangan, energi, serta lingkungan.

Leave a Reply