Jangan Lagi Ada Selfie (Maut) Diantara Kita!
Apr 5, 2016
Puspiptek Pasarkan Pengiris Serba Guna untuk Keripik yang User-Friendly
Apr 6, 2016

Google Luncurkan Sepeda yang Dapat Berjalan Sendiri di Belanda, Benarkah?

Akhir pekan lalu, kehebohan melanda para netizen setelah Google Nederland merilis sebuah video sepeda pintar yang mereka sebut sebagai Google Self-Driving Bike. Sebuah sepeda pintar yang dapat berjalan sendiri resmi diluncurkan di Belanda!Amsterdam, Ibu kota Belanda, sebuah kota bersepeda utama di dunia. Setiap tahun, hampir setiap orang Belanda menghabiskan 900 kilometer mereka dengan bersepeda, atau total sekitar 15 miliar kilometer per tahunnya. Jarak yang ditempuh dengan dari orang-orang yang bersepeda di Belanda lebih besar dari negara manapun di dunia.

“Namun ini juga berarti kita harus menghadapi 350.000 kasus cedera yang ditimbulkan dari bersepeda setiap tahunnya” Kata Pim van der Feltz, Direktur Google Nederland

Berkaca pada hal tersebut, Google Nederland meluncurkan sebuah konsep sepeda yang lebih aman, lebih pintar, dan lebih mudah dikendarai dengan teknologi self-driving yang telah mereka kembangkan. Jadi, sepeda dapat berjalan dengan sendirinya. “Sepeda ini dapat diminta untuk menemukan lokasi, mengetahui apa yang ada di sekitar, mengetahui apa yang akan lewat di depan, dan apa yang seharusnya dilakukan untuk mengatasinya.” Kata Matthew Feigal, Insinyur Sepeda dari Google Nederland.

Google telah mempunyai pakar yang berpengalaman dalam teknologi self-driving dan telah mereka terapkan pada kendaraan roda empat. Bukan sebuah hal yang mustahil untuk Google menerapkan ini pada sepeda.

Terdapat dua fitur pada sepeda ini. Pertama, kita dapat meminta sepeda untuk menjemput kita dimanapun kita berada melalui aplikasi di smartphone. Kedua, sepeda dapat dijalankan pada mode “Comfort”. Dimana pedal sepeda dapat menyesuaikan pada kondisi ternyaman kita sehingga sepeda dapat berjalan sendiri.

Self-driving bike yang dikembangkan google ini dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan mungkin saja nantinya orang-orang dapat bekerja saat mengendarai sepedanya” harap Deputi Walikota Amsterdam, Kajsa Ollongren.

Namun sayangnya, Google tidak berencana menjual dan mengembangkan lebih lanjut sepeda ini dalam waktu dekat dan hanya akan mengkomersilkan sepeda ini pada 1 April 2016 lalu! Ya, ini adalah “April Fools” versi raksasa teknologi dunia tersebut. 

Saat ini, video tersebut sudah ditonton lebih dari 1,5 juta kali dan membuat banyak orang berpikir akan lebih baik jika Google benar-benar mewujudkan konsep self-driving bike tersebut. Jadi, bagaimana menurutmu? (NMY)

Nur Maulana Yusuf
Nur Maulana Yusuf
Lulusan Institut Pertanian Bogor yang tertarik dengan dunia media, teknologi, serta sosial ekonomi di Indonesia. Saat ini menjadi bagian dari Masyarakat Ilmuwan dan Teknolog Indonesia (MITI).

1 Comment

  1. yuna says:

    bisa berjalan sendiri keren tuh.. harganya berapa ya

Leave a Reply