Ingin Mencari Benda di Internet, tapi Tidak Tahu Namanya? Ini Solusinya!
May 28, 2016
Jalan-Jalan di The First European Green Capital!
May 30, 2016

Google Home: Asisten Virtual dalam Kehidupan Nyata

Mario Queiroz Memperkenalkan Goggle Home via newyorker.com

Mario Queiroz Memperkenalkan Goggle Home via newyorker.com

Mario Queiroz Memperkenalkan Goggle Home via newyorker.com

Google meluncurkan sebuah inovasi teknologi baru pada konferensi teknologi Google I/O di Mountain View, California. Teknologi yang diperkenalkan oleh Mario Queiroz -wakil presiden manajemen produk Google- ini diberi nama Google Home.

Teknologi ini memiliki kemampuan untuk berinteraksi dengan manusia melalui suara. Teknologi yang menyerupai asisten virtual ini tidak hanya dapat melaksanakan perintah, tetapi juga dapat menjawab berbagai pertanyaan sebagai komunikasi dua arah.

Seperti dilansir dari cnnindonesia.com, Google membekali Home dengan teknologi Google Assistant yang terintegrasi dengan semua produk keluaran Google, seperti Gmail, Google Calendar, Weather, Youtube, dan mesin pencari Google.

Dengan integrasi ini, Google Home yang tersambung selalu ke internet dapat menjawab pertanyaan yang anda berikan dengan memberikan jawaban berdasarkan data yang ia himpun. Sekilas kemampuan Google Home ini hampir mirip dengan kemampuan asisten pribadi di rumah Tony Stark, bernama Jarvis, dalam film “Iron Man”. Hanya saja Google Home ini memiliki bentuk silinder mungil layaknya speaker dengan mikrofon sebagai pendeteksi suara.

Selain dibekali dengan produk-produk Google tersebut, seperti dilansir oleh gadgetplus.id, Google telah bekerja sama dengan berbagai platform yang mendukung voice action ini, seperti Uber, Pandora, Sportify, Open Table, Gett, Instacart, Grubhub, Mytaxi, Tunein, HailO, WhatsApp, Ticketmaster, dan masih banyak lagi.

Google Home ini juga dapat menjalankan perintah seperti menyalakan lampu. Tentu saja setelah lampu di rumah tersebut terintegrasi dengan sistem rumah pintar, Nest Labs. Selain lampu, hal lain yang bisa dilakukan dengan perabot rumah adalah menjalankan perintah untuk memutar musik atau video di layar televisi. Namun itu bisa dilakukan setelah televisi itu menggunakan perangkat streaming hiburan Google, Chromecast. (CR/dari berbagai sumber)

Cika Ramadini
Cika Ramadini
Mahasiswa UI tingkat kedua di jurusan Teknik Metalurgi dan Material. Sedang aktif dalam organisasi yang bergerak di bidang sosial pendidikan bernama Technique Informal School.

Leave a Reply