Beranda Inovasi Lintas Inovasi THREGER, Charger Unik dari Panas Knalpot
THREGER, Charger Unik dari Panas Knalpot
Apr 8, 2015
Phi-Spray : Semprotan Anti Air Berbahan Dasar Kitosan yang Ramah Lingkungan
Apr 10, 2015

Fluktuasi Nilai Upah Buruh Tani

infografis 2 UPAH BURUH

Pernahkah Sahabat Beranda berpikir tentang kondisi upah buruh tani jika dibandingkan dengan harga-harga barang yang ada di pasar? Dalam data yang dikeluarkan oleh BPS, upah buruh tani dikategorikan atas upah nominal dan upah riil. Upah nominal adalah nilai aktual dari upah yang diterima oleh para buruh tani, sedangkan upah riil adalah nilai aktual dari upah yang diterima buruh tani dibandingkan dengan harga barang-barang yang ada di pasar. Upah nominal dan upah riil bisa terdapat kesenjangan, bahkan apabila upah nominal naik, bisa jadi upah riil sebenarnya turun, bergantung pada situasi harga barang yang dipengaruhi inflasi dan faktor-faktor lainnya.

Sebagai contoh, data BPS menyebutkan bahwa upah nominal buruh tani pada bulan November 2014 naik 0,22% dari Rp. 44.924,00 (data bulan Oktober) menjadi Rp. 45.026,00, namun saat itu secara riil buruh tani hanya menerima upah senilai Rp. 38.466,00, turun 1,6% dari upah riil bulan Oktober (Rp 38.955,00). Nilai upah nominal memang terlihat naik, namun nilai upah riil sebenarnya menurun.

Pada bulan-bulan lain di tahun 2014 dan 2915, terdapat fluktuasi nilai upah nominal dan riil buruh tani. Hingga Februari 2015, kesenjangan nilai upah nominal dan riil buruh tani mencapai Rp 7.457,00 atau 1,6 kali lipat dari kesenjangan yang terjadi pada Januari 2014.

 

Beranda Inovasi
Beranda Inovasi

BERANDA INOVASI adalah portal online yang menyajikan informasi di bidang teknologi inovasi, artikel ilmiah populer, dan isu-isu seputar pangan, energi, serta lingkungan.

2 Comments

  1. Lalu solusinya apa?
    #saya awam soalnya

    Terima kasih.

    • Tentu solusinya harus kita pikirkan bersama. Kami mengajak teman-teman untuk berdiskusi mengenai hal ini melalui komentar di post ini. Silakan apabila Bapak Yusuf mempunyai masukan.

Leave a Reply