Inovasi Mahasiswa UGM: Aktuator Penggerak Robot di Masa Depan
Aug 10, 2016
Mahasiswa Unpad Ciptakan ‘Perawan Tua’ yang Bisa Bikin Sepatumu Makin Keren!
Aug 11, 2016

Fakta! Game Online Mampu Jadikan Siswa Lebih Cerdas

Ilustrasi Bermain Game Online via marcnorris.com

Ilustrasi Bermain Game Online via marcnorris.com

Ilustrasi Bermain Game Online via marcnorris.com

Anggapan masyarakat bahwa bermain game akan memberikan pengaruh negatif bagi otak anak ternyata tidak selamanya benar. Justru sebuah penelitian baru membuktikan hal yang mencengangkan. Sebuah penelitian di Australia menunjukan bahwa bermain game setiap hari dapat meningkatkan prestasi dan performa akademik.

Penelitian tersebut menemukan bahwa terdapat sekitar 12.000 siswa sekolah yang menggunakan internet untuk bermain game online. Hasilnya adalah sebagian besar siswa mendapatkan nilai tertinggi dalam ujian mata pelajaran matematika, sains, dan membaca dibandingkan dengan siswa yang tidak bermain game.

Alberto Posso, Ahli ekonomi dari RMIT University, Melbourne, menyatakan bahwa siswa yang bermain online hampir setiap hari berhasil mendapatkan nilai 15 poin di atas rata-rata pada pelajaran matematika, sedangkan pada sains mereka mendapatkan nilai 17 poin di atas rata-rata

Alberto mengungkapkan bahwa ketika kita bermain game online maka kita akan coba memecahkan tantangan dan puzzle untuk terus melaju ke level berikutnya. Untuk memecahkan puzzle tersebut, secara umum kita menggunakan pengetahuan dan kemampuan matematika, sains, dan membaca yang telah dipelajari di sekolah.

Data tersebut bersumber dari penelitian yang dilakukan oleh Program for International Student Assessment (PISA) yang menguji banyak siswa di lebih dari 700 sekolah pada tahun 2012 dengan mengumpulkan informasi mengenai ketertarikan dan aktivitas online siswa.

Alberto juga menunjukan bahwa siswa yang terbiasa menghabiskan waktunya untuk bermain game online lebih mampu mengembangkan kemampuan analisis dan pemecahan masalah yang ternyata dapat membantu siswa untuk mengerjakan tugas-tugas sekolahnya.

Sejumlah psikolog juga mempunyai pendapat bahwa para pemain game online mampu mengembankan kemampuan kognitifnya lebih baik.

Namun ini hanya terjadi pada game online. Penelitian sebaliknya terjadi pada siswa yang sering menggunakan facebook atau media sosial lainnya. Alberto justru menemukan risiko penurunan akademik pada siswa.

Data penelitian menunjukan bahwa siswa-siswa yang menggunakan media sosial mengalami penurunan 20 poin pada pelajaran matematika dibandingkan dengan yang tidak menggunakannya.

Penelitian yang dipublikasikan di International Journal of Communication ini memang menggambarkan hubungan antara bermain game online dengan prestasi akademik, namun patut digarisbawahi bahwa penyebab peningkatan prestasi akademik tersebut belum dibuktikan secara pasti.

Nur Maulana Yusuf
Nur Maulana Yusuf
Lulusan Institut Pertanian Bogor yang tertarik dengan dunia media, teknologi, serta sosial ekonomi di Indonesia. Saat ini menjadi bagian dari Masyarakat Ilmuwan dan Teknolog Indonesia (MITI).

Leave a Reply