10 Inovasi Baru yang Dapat Mengubah Dunia
Oct 9, 2014
Anak Muda dan Fenomena E-Commerce di Indonesia: Antara Kewirausahaan dan Konsumerisme
Oct 15, 2014

Ecodoe: Inovasi Tapestry Bulu Domba Lokal yang Wangi

Tapestry bulu domba lokal yang wangi

Tapestry bulu domba lokal yang wangi

Tapestry bulu domba lokal yang wangi

BerandaInovasi.COM — Peningkatan populasi domba di Indonesia sebesar 6.48% per tahun tidak diiringi dengan pemanfaatan produksinya. Bulu domba merupakan salah satu produk dari seekor domba yang diperoleh setelah melalui proses pencukuran. Umumnya peternak di Indonesia hanya membuang bulu domba begitu saja sehingga menjadikan limbah, karena bulu domba mengandung protein keratin yang sulit terdegradasi di dalam tanah.

Di sisi lain, Indonesia juga merupakan salah satu negara penghasil akar wangi terbesar di dunia selain Haiti dan Bourbone. Garut merupakan produsen akar wangi terbesar di Indonesia yang memproduksi akar wangi sebanyak 20 ribu ton/tahun. Akar wangi memiliki manfaat sebagai aromaterapi karena kandungan minyak atsiri di dalamnya.

Melihat potensi bulu domba dan akar wangi yang potensial, 4 orang mahasiswa dari Institut Pertanian Bogor (IPB) yaitu Tatang Gunawan, Ihwan Nul Padli, Larasati Widyaputri dan Istiq Farila menggagas bisnis tapestry (pajangan/hiasan) berbasis bulu domba lokal beraromaterapi yang diberi nama ‘Ecodoe’. Visi bisnis Ecodoe adalah ‘Menjadi souvenir Indonesia berkelas dunia’.

Konsep bisnis produk ini adalah triple bottom lines, meliputi planet, people, dan profit. Konsep planet menunjukkan bahwa produk ini berkontribusi terhadap lingkungan karena terbuat dari limbah bulu domba dan akar wangi. Konsep people karena produk ini diproduksi dengan melibatkan beberapa komponen masyarakat meliputi petani akar wangi, peternak domba, dan pemberdayaan masyarakat lingkar kampus IPB dalam hal produksi. Tidak hanya profit yang diusung dalam bisnis ini tetapi juga benefit (karena terdapat program pemberdayaan masyarakat dalam proses produksinya).

Produk yang telah dihasilkan adalah tapestry berbentuk domba dan singa. Produk Ecodoe telah dipasarkan melalui media online (www.ecodoeindonesia.com) dan beberapa gerai seperti galeri SMESCO UKM Jakarta dan Rumah Caping, Bogor. Ecodoe tengah melakukan pengembangan produk dengan mengembangkan beberapa varian warna.

Inovatif! Prestasi yang telah diraih Ecodoe antara lain medali emas kategori poster dan medali perak kategori presentasi dalam ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS XXVII) di Universitas Diponegoro Semarang, menjadi perwakilan kabupaten Garut dalam pelatihan tenaga cinderamata yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Garut sebagai salah satu souvenir unggulan Jawa Barat, dan Juara I Kompetisi Business Plan tingkat nasional ‘Red Agritech Festival’ di Institut Pertanian Bogor. (Tatang Gunawan/DWH Ed)

Beranda Inovasi
Beranda Inovasi

BERANDA INOVASI adalah portal online yang menyajikan informasi di bidang teknologi inovasi, artikel ilmiah populer, dan isu-isu seputar pangan, energi, serta lingkungan.

Comments are closed.