Kaimana, Surga Energi Alternatif dari Ujung Timur Indonesia
Jun 7, 2016
Keren! Jepang Ciptakan Hujan Meteor Buatan
Jun 9, 2016

Merawat Gigi tak Perlu Repot, Onvi Tawarkan Sikat Gigi Pintar Berkamera Canggih

Prophix Smart Tootbrush via thenextweb.com

Bagaimana kesehatan gigimu saat ini? Walaupun kamu telah menggosok gigimu selama dua kali sehari, tetapi mungkin saja masih tersisa kotoran dan sisa makanan yang menempel di gigimu bukan? Melihat kemungkinan itu, Onvi menghadirkan solusi untuk membantumu merawat gigi dengan baik. Sebuah sikat gigi dengan kamera canggih beresolusi 10 MP dan mampu merekam video 1080p!

Prophix Smart Tootbrush via thenextweb.com

Prophix Smart Tootbrush via thenextweb.com

Diusung dengan nama Prophix Tootbrush, sikat gigi ini membantu meningkatkan efisiensi dalam menyikat gigi dengan cara menampilkan sebuah video penampakan bagian dalam mulutmu melalui smartphone yang kamu punya.

Dengan bantuan kamera, kamu dapat melihat bagian dalam mulutmu selagi menggosok gigi. Prophix berfungsi mengirimkan livestream video ke dalam aplikasi pada smartphone. Jadi, kamu dapat melihat apakah kamu telah membersihkan bagian gigimu dengan bersih atau belum.

Kamu juga dapat mengambil foto gigimu dengan kamera, lalu membandingkannya dari waktu ke waktu untuk melihat apakah kamu mengalami peningkatan kebersihan dalam menggosok gigi atau tidak. Semuanya dilakukan secara nirkabel dengan bantuan fitur WiFi dan Bluetooth yang ada dalam Prophix.

Sebagai pencetus sikat gigi pintar ini, Dr. Craig S. Kohler, seorang dokter gigi dan entrepreneur dari Chicago, mempunyai tujuan agar pengguna Prophix dapat membersihkan gigi dan gusinya secara maksimal. Sehingga tidak meninggalkan kuman dan sisa makanan, serta lebih menjaga kesehatan gigi penggunanya.

Seperti dilansir dalam venturebeat “Saat saya menggunakan kamera intraoral dan monitor untuk mengobati pasien saya, saya menyadari betapa alat tersebut membantu pasien saya dalam memahami kondisi kesehatan mulut mereka, untuk selanjutnya memulai kebiasaan menggosok gigi yang lebih baik.” Ujar Kohler, yang juga founder dan CEO dari Onvi.

“Dengan kemajuan teknologi saat ini, akhirnya mimpi saya untuk menghadirkan solusi perawatan gigi yang tak terpikirkan sebelumnya ini dapat diwujudkan.” Katanya

Prophix membekali sikat giginya dengan empat bagian kepala (yang dapat dibongkar pasang) untuk membantu penggunanya menggosok gigi dengan maksimal.

Prophix Tootbrush dibanderol dengan harga yang cukup tinggi, yaitu USD400 atau sekitar 5,6 juta rupiah. Dengan harga fantastis tersebut, Prophix mendapat komentar yang cukup beragam, beberapa situs juga kedapatan mengkritik produk besutan Dr. Craig S. Kohler tersebut. Seperti dilansir dalam situs engadget:

Alat untuk merekam keadaan di dalam mulut ternyata tidak dijual murah. Meskipun faktanya alat ini bekerja sama seperti fungsi dasar perlengkapan menggosok gigi saya yang biasa. Onvi menawarkannya dengan harga mengesankan, USD400 untuk sebuah Prophix

Apakah Prophix benar-benar inovasi yang memiliki manfaat penting seperti yang dikemukakan Dr Kohler, ataukah sikat gigi ini hanyalah sebatas teknologi mahal dengan fitur standar saja? Bagaimana menurutmu? (YA/Engadget)

Yahya Aqrom
Yahya Aqrom
Seorang kawan dalam perjalanan, menikmati sastra dan desain. More personal: yahyaaqrom.com

Leave a Reply