Tidak Ketinggalan, Sekarang Cermin pun Berlayar Sentuh!
Jun 27, 2016
5 Mahasiswa Unair Ciptakan Lapisan Telinga Tiruan
Jun 28, 2016

Desain Rumah Susun Mahasiswa UNS Menangkan Kontes Inovasi Rumah Susun Nasional

Ilustrasi Rumah Susun via panoramio.com

Ilustrasi Rumah Susun via panoramio.com

Ilustrasi Rumah Susun via panoramio.com

Seperti yang kita ketahui bahwa jumlah penduduk setiap tahunnya akan mengalami peningkatan. Membludaknya jumlah penduduk ini menimbulkan berbagai masalah lain seperti masalah sosial, ekonomi, serta lingkungan. Oleh karena itu di beberapa kota, pemerintah telah banyak membangun rumah susun untuk mengatasi masalah kepadatan penduduk serta masalah yang berkaitan lainnya. Namun, rumah susun yang ada masih belum bisa berfungsi secara efektif untuk mengurangi masalah-masalah tersebut.

Empat mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) yang tergabung dalam satu tim yakni Hudha Pramudya Murti, Muhammad ‘Ainun Naim, Sonny Bhaksono Aji, dan Karina Puspa Amalia berhasil menyabet Juara 1 dalam Vertical House Innovation atau Lomba Inovasi Rumah Susun.

Keempatnya berasal dari disiplin ilmu yang sama yakni Program Studi Teknik Sipil. Hudha dan kawan-kawan membuat suatu maket dengan konsep lokasi hunian vertikal di depan kampus UNS di Jl. Slamet Riyadi, Kartasura, Sukoharjo yang akhirnya mengantarkan mereka ke kursi juara.

Tim Hudha dan kawan-kawan yang diberi nama Tim Semar Nata Nastari mewakili UNS di Competition Of Innovation (COI) yang diadakan pada tanggal 14 dan 15 Mei kemarin di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Kerja keras  yang membuahkan prestasi ini tidak lepas dari bimbingan Dr. Senot Sangaji.

COI sendiri merupakan salah satu perlombaan yang diadakan dalam Civil Expo 2016. Di tahun ini, COI mengangkat sebuah tema “Innovation of Green Vertical Housing with Sustainable Development Concept”. Disini para peserta lomba diminta mendesain kompleks rumah susun yang mengacu pada konsep pembangunan berkelanjutan.

Tim Hudha dan kawan-kawan bersaing dengan tim-tim hebat lainnya yang berasal dari berbagai universitas seperti Universitas Gajah Mada (UGM), Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, dan Universitas Negeri Malang (UNM). (AS)

Anis Sa'adah
Anis Sa'adah
Mahasiswa semester 4 jurusan Teknik Metalurgi dan Material Universitas Indonesia. Bergabung dalam Nano Research Society FTUI

Leave a Reply