Mari Berjaya Perempuan Indonesia!
Mar 28, 2016
Tradisi Berburu Paus Masyarakat Lamalera NTT
Mar 29, 2016

Ciptakan Pasta Gigi dari Cangkang Telur, Mahasiswa Brawijaya Raih Medali Emas di Ajang Internasional

Bagaimana jika pasta gigi yang sering kita gunakan, terbuat dari cangkang telur? Pasti terdengar aneh bukan ? Tapi tidak bagi mahasiswa yang satu ini. Rhezaldian Eka Dharmawan, mahasiswa Brawijaya Teknik Kimia, berhasil menciptakan sebuah pasta gigi ramah lingkungan yang terbuat dari cangkang telur.

Ide ini Rheza dapatkan ketika melihat ibunya sedang membuatkan sarapan telur. “Awalnya lihat ibu biasa buat sarapan telur, cangkangnya dibuang begitu saja. Kalau mau saya buat makanan rasanya kurang pantas, soalnya itu limbah juga,” kata Rheza

limbah cangkang telur via intriknews.com

limbah cangkang telur via intriknews.com

Tidak hanya memiliki bahan yang unik, Pasta gigi buatan Rheza yang diberi nama Exceldent, eggshell tooth paste ini juga memiliki kandungan kalsium yang cukup sesuai, yaitu 29.295,4 ppm (part per million). Menurut Rheza, bagian tersulit dalam membuat pasta gigi ini ketika menghilangkan bau amis pada kulit telur. Setelah dicoba berkali-kali dan dengan saran dari ibunya, Rheza berhasil menghilangkan bau amis dengan melepas selaput yang menempel pada kulit telur lalu mengeringkannya dengan sinar matahari. Setelah pasta gigi jadi, “Perhitungannya untuk satu kemasan akan dijual senilai Rp 8.000” ungkap Rheza

Rheza Rahaldian bersama penemuannya, Exceldent Eggshell Tooth Paste via youngster.id

Rheza Rahaldian bersama penemuannya, Exceldent Eggshell Tooth Paste via youngster.id

Atas temuannya ini, pada tahun 2015, Rheza mendapatkan medali emas di ajang International Young Inventor’s Award yang diselenggarakan di Universitas Negeri Jakarta. Rheza bersama pasta giginya telah berhasil mengalahkan sekitar 199 peserta lainnya yang terdiri dari Indonesia, Malaysia, India, Korea Selatan, Mesir, Jordania, Taiwan, Thailand dan Sri lanka.

Rheza meraih Penghargaan via malang.memo-x.com

Rheza meraih Penghargaan via malang.memo-x.com

Keberhasilan ini membuat Rheza percaya diri untuk memasarkan penemuannya sebagai UMKM. Rheza juga siap untuk memproduksi produk pasta giginya secara massal. Sampai saat ini pun, Rheza terus bereskperimen untuk menyempurnakan pasta gigi temuannya. “Saat ini, saya masih pikirkan gel dapat bening. Dengan tampilan begitu akan lebih menarik,” tutur Rheza (BTA)

Bagus Tri Adikarya
Bagus Tri Adikarya
Bekerja di Masyarakat Ilmuwan dan Teknologi (MITI) sebagai Peneliti dan Analis data.

Leave a Reply