Pemanfaatan Gembili (Dioscorea Esculenta) sebagai Alternatif Pengganti Bahan Baku Es Krim untuk Mengurangi Resiko Obesitas
Jul 2, 2014
‘Quick Disaster’, Aplikasi Pintar Hadapi Bencana
Jul 2, 2014

Calon Intelektual Muda Peduli Pangan

Eps2

Tulisan ini merupakan intisari dari #TwitalkGPL Sesi I Eps 1, @MITI_NEWS  bersama @Dompet_Dhuafa. #TwitalkGPL merupakan talkshow online via twitter antara MITI dan mitra-mitra pendukung Gerakan Pangan Lokal. Chirpstory dari #TwitalkGPL Sesi I Eps 1 dapat dilihat di: http://chirpstory.com/li/215666

Indonesia diharapkan memiliki SDM mumpuni dalam bidang pangan yang dapat mengembangkan riset serta ilmu pengetahuan dan teknologi. Harapan besar tersebut tertumpu pada para mahasiswa, calon intelektual muda penentu masa depan bangsa. Kehadiran Himpunan Mahasiswa Peduli Pangan (HMPPI) perlu diapresiasi. HMPPI merupakan suatu perhimpunan mahasiswa tingkat nasional yang bergerak di bidang pangan dan gizi. HMPPI dibentuk tahun 2005 atas inisiasi mahasiswa-mahasiswa di Institut Pertanian Bogor. Pada akhirnya, HMPPI berkembang sebagai wadah mahasiswa yang bergerak dalam bidang pangan dan gizi se-Indonesia. Pembentukan HMPPI bertujuan untuk meningkatkan kompetensi, jaringan, dan kepedulian terhadap kondisi, kebijakan pangan dan gizi masyarakat di tingkat nasional dan internasional.

HMPPI memandang bahwa permasalahan pangan utama yang dihadapi oleh Indonesia adalah keanekaragaman pangan yang semakin lama semakin menghilang. Padahal Indonesia kaya akan keanekaragaman hayati dengan berbagai macam variasi makanan yang berasal dari umbi-umbian, serealia, herbs, dan beberapa hasil perkebunan. Ketergantungan Indonesia saat ini dalam mengonsumsi serealia terbatas pada beras dan gandum, padahal masih banyak jenis serealia yang dapat dimanfaatkan. Umbi, singkong, gembili, uwi, ganyong, dan serealia lain masih sedikit dilirik oleh masyarakat.

Aksi nyata kepedulian HMPPI pada kondisi pangan Indonesia terdapat dalam rencana strategis yang dilaksanakan melalui emapy tahap. Tahap pertama adalah peningkatan kompetensi mahasiswa dengan kompetisi ilmiah tingkat nasional, seperti Food Bowl Quiz. HMPPI juga selalu memperkuat dan memperluas jaringan, seperti dengan Pergizi, PATPI, BPOM, MITI, dan lembaga-lembaga lainnya. Selain melalui jejaring dengan lembaga, HMPPI juga berupaya menggaungkan pangan lokal lewat media sosial seperti web, twitter dan facebook. Peningkatan produk pangan lokal di setiap universitas anggota HMPPI menjadi tahapan ketiga. Tahap terakhir yang dilakukan oleh HMPPI adalah mengadakan kajian-kajian seputar isu-isu yang berkembang di masyarakat, seperti kedaulatan pangan dan petani.

[ads1]

Dibutuhkan rasa optimisme dan peningkatan kesadaran serta kecintaan akan tanah air untuk menyelesaikan masalah pangan bangsa. Mahasiswa dengan ilmunya mampu mengembangkan penelitian dan inovasi untuk mengangkat potensi pangan nusantara. Jika inovasi disandingkan dengan sosialisasi yang mumpuni, akan banyak masyarakat terbantu hingga pelosok negeri.

HMPPI menyampaikan bahwa Indonesia mempunyai SDM yang luar biasa. Sebagai contoh adalah Asosiasi Bank Benih Tani Indonesia (AB2TI) yang mengukir sejarah baru di Karanganyar. Pada musim tanam I, AB2TI mampu memproduksi padi varietas IF 8 sejumlah 13,76 ton per hektare. IF 8 atau Indonesia Farmer 8 adalah varietas yang dikembangkan sendiri oleh petani, bukan karya akademisi atau peneliti. Angka 13,76 ton per hektare ini sangat bombastis, mengingat produktivitas rata-rata secara nasional adalah 6-7 ton saja. Artinya, inovasi yang telah dilakukan oleh kelompok petani kecil ini sangat luar biasa, bahkan bisa meningkatkan lebih dari seratus persen produktivitas rataan nasional.

Masalahnya, masih sedikit petani Indonesia yang memiliki lahan sendiri. Akses petani terhadap inovasi dan teknologi pun masih sulit. Hal ini menjadi tantangan seluruh pemangku kepentingan untuk menyelesaikan nasib petani dalam arti sempit hingga nasib perut bangsa dalam arti luas menjadi lebih baik.

Visi dan misi HMPPI yang sangat dekat dengan latar belakang diinisiasikannya Gerakan Go Pangan Lokal oleh MITI membuat HMPPI turut mendukung program tersebut. Baik HMPPI maupun MITI berkeinginan untuk menjaga keanekaragaman pangan lokal Indonesia melalui Gerakan Pangan Lokal. (DWH/ UA)

Beranda Inovasi
Beranda Inovasi

BERANDA INOVASI adalah portal online yang menyajikan informasi di bidang teknologi inovasi, artikel ilmiah populer, dan isu-isu seputar pangan, energi, serta lingkungan.

Leave a Reply