Wow, Google Wi-Fi Akan Selimuti Bumi!
Sep 26, 2014
Kerjasama Diplomatik Indonesia dalam Penanggulangan Keamanan Cyberspace
Sep 29, 2014

Call for Contributors Beranda Inovasi September-Oktober 2014 “EKONOMI ERA INFORMASI”

The-24-Tech-Companies-Which-Are-Changing-Your-Future-cyber-era

Kehadiran internet, tidak hanya merubah gaya hidup dan tatanan masyarakat. Internet ternyata juga mampu menggeser trend ekonomi global. Era Ekonomi Pertanian yang telah bergeser menjadi Era Ekonomi Industri, terus berkembang hingga dunia memasuki Era Ekonomi Informasi, dan kini: Era Ekonomi Kreatif.

Menurut Kementerian Perdagangan, Ekonomi Kreatif merupakan era ekonomi baru yang mengintensifkan informasi dan kreativitas dengan mengandalkan ide dan stock of knowledge dari sumber daya manusianya sebagai faktor produksi utama dalam kegiatan ekonomi.

20131201_Pameran_PPKI_3Di masa kini, banyak anak-anak muda yang basis kerjanya adalah internet. Mereka menerima proyek kerja dari seluruh penjuru dunia berbekal jejaring dan komunikasi yang dibangun dan dilakukan melalui dunia maya. Generasi Internet dapat menerima proyek kerja kreatif seperti pembuatan animasi untuk industri film terkemuka Hollywood hingga pembuatan logo-logo perusahaan terkemuka di luar negeri. Kalangan elite pemerintah teringankan bebannya dalam hal penyediaan lapangan kerja. Sosok-sosok pekerja kreatif masa kini merupakan penyangga kebangkitan ekonomi di Indonesia.

Betapa tidak, ekonomi kreatif berkontribusi secara signifikan terhadap perekonomian nasional, yaitu sebesar 7% PDB Nasional. Sektor ini menyerap 11,8 juta tenaga kerja atau sebesar 10,72% dari total tenaga kerja nasional; menciptakan 5,4 juta usaha atau sekitar 9,68% dari total jumlah usaha nasional; serta berkontribusi terhadap devisa negara sebesar 119 triliun atau 5,72% dari total ekspor nasional. Pada tahun 2013 lalu, pertumbuhan ekonomi kreatif mencapaai 5,76% atau lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi nasional 5,74%. (Data BPS, citizendaily.net).

inilah-5-tantangan-industri-kreatif-indonesia

Di dunia internasional, kita juga dapat melihat kejayaan perusahaan-perusahaan teknologi. Apple, Google, Microsoft, tak hanya bersaing dalam meraih kekuasaan atas internet tetapi juga bertarung dalam kapitalisasi pasar. Melalui teknologi perangkat mobile, teknologi mesin pencarian, ponsel pintar dan pasar tablet, perusahaan-perusahaan teknologi terkini menguasai perekonomian dan menggeser trend ekonomi saat ini.

“Ekonomi Era Informasi” akan menjadi topik yang menghiasi BERANDA MITI di bulan Oktober mendatang!

poster-September-2014

Redaksi mengundang para kontributor untuk mengirimkan karya-karya terbaiknya dalam bentuk artikel maupun opini dengan ketentuan sebagai berikut:

ARTIKEL

Ketentuan Umum

  1. Tulisan otentik karya pribadi, bukan plagiat.
  2. Artikel bersifat informatif, merujuk pada data/sumber yang dapat dipertanggungjawabkan, namun dikemas dengan bahasa yang ringan dan santai (bahasa populer, mudah dipahami). Sertakan bahan rujukan pada akhir tulisan.
  3. Artikel disertai dengan foto-foto, gambar-gambar atau infografis yang menarik secara visual, merupakan hak cipta pribadi atau disertai keterangan sumber.
  4. Jumlah tulisan yang dapat disertakan dalam “Call for Contributors Beranda Inovasi Oktober” tidak dibatasi. Kontributor dapat mengirimkan lebih dari satu tulisan.

 

Ketentuan Teknis

  1. Diketik di kertas A4 dengan font Arial 11pt, spasi 1.5. Margin, atas: 3 cm, kanan: 3 cm, kiri: 3 cm, bawah: 3 cm.
  2. Ditulis kurang-lebih sepanjang 500-1500 kata dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

 

OPINI

Ketentuan Umum

  1. Tulisan otentik karya pribadi, bukan plagiat.
  2. Opini diutamakan bersifat kekinian. Merupakan gagasan/pendapat/argumen yang merespon fenomena kontemporer terkait topik yang diajukan redaksi.
  3. Opini akan lebih baik jika ditulis berdasarkan sudut pandang yang sesuai dengan kepakaran penulis.
  4. Jumlah tulisan yang dapat disertakan dalam “Call for Contributors Beranda Inovasi Bulan Juli” tidak dibatasi. Kontributor dapat mengirimkan lebih dari satu tulisan.

 

Ketentuan Teknis

  1. Diketik di kertas A4 dengan font Arial 11pt, spasi 1.5. Margin, atas: 3 cm, kanan: 3 cm, kiri: 3 cm, bawah: 3 cm.
  2. Ditulis kurang-lebih sepanjang 1000 hingga 2000 kata dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

 

 

Ketentuan Pengiriman Karya

  1. Periode Penerimaan Karya: 26 September 2014 hingga 13 Oktober 2014
  2. Pengirim  karya melakukan registrasi di web berandainovasi.com (klik menu “Registrasi” di kiri bawah web, kemudian pilih media pendaftara (bisa melalui akun media sosial yang dimiliki). Setelah melakukan registrasi, pengirim karya telah menjadi bagian dari kontributor Beranda Inovasi yang dapat memposting tulisan-tulisannya.
  3. Tiap tulisan yang telah diposting, dapat dikirimkan ke email [email protected] dengan format subject: Artikel_Judul Artikel_Nama Penulis atau Opini_Judul Opini_Nama Penulis.Contoh: Artikel_Memperbaiki kualitas bahan bakar biomassa dengan proses torrefaksi_M Syamsiro.Pengirim karya juga menyertakan biodata dan foto close-up dengan gaya bebas (tidak harus formal). Format biodata sebagai berikut:
  • Nama lengkap
  • Tempat, tanggal lahir
  • Perguruan Tinggi/Institusi beserta fakultas dan jurusan
  • Alamat Rumah/Kantor
  • Nomor telepon atau ponsel
  • E-mail
  • Website/Blog
  • Social Networking (Yahoo IM, Google Talk, Google+, Twitter Username, Facebook URL, LinkedIn URL, Flickr URL Youtube URL, Pinterest URL, Instagram URL jika ada)
  • Bio (Deskripsi diri dlm 1-5 kalimat singkat, menjabarkan kesibukan saat ini, profesi maupun minat dan hobi)

 

Selamat berkontribusi,

Kami tunggu karya-karyanya!

Contact Person Redaksi: Ulya (085697869940)

Beranda Inovasi
Beranda Inovasi

BERANDA INOVASI adalah portal online yang menyajikan informasi di bidang teknologi inovasi, artikel ilmiah populer, dan isu-isu seputar pangan, energi, serta lingkungan.

1 Comment

  1. Artikel nya sangat menarik sekali dan bermanfaat.
    Saya juga mempunyai tulisan sejenis mengenai jurnal serupa yang bisa Anda kunjungi di http://ps-agrie.gunadarma.ac.id/

Leave a Reply