Kafe “Pay As You Feel”: Berdagang Sampah Makanan di Inggris
Jul 16, 2014
Sahabat Miliki Gen Serupa
Jul 17, 2014

Call for Contributors Beranda Inovasi edisi Agustus 2014 “PERUBAHAN ABAD INFORMASI”

poster-Agustus-2014

Pesatnya perkembangan teknologi informasi menjadikan Abad 21 sebagai Abad Informasi. Teknologi membuat lalu-lintas perpindahan informasi serta tersampaikannya pesan dan berita bergerak cepat. Dunia memasuki era digital. Banyak perubahan yang terjadi, tidak hanya dari sisi kemajuan teknologi tetapi juga pengaruhnya terhadap gaya hidup masyarakat.

Setelah tiga bulan hadir dengan tema pangan, tema Cyber Era akan mewarnai Beranda Inovasi edisi Agustus hingga Oktober mendatang!

Kemunculan perusahaan-perusahaan bidang informasi teknologi yang kini menjadi penguasa dunia menjadi fenomena menarik. Kontributor dapat menuliskan fakta-fakta unik mengenai Google, Facebook, Apple, Microsoft, dsbg. Siapa tokoh dibalik kemajuan perusahaan, bagaimana sistem yang berlaku di perusahaan-perusahaan tersebut, karakteristik atau kualifikasi pekerja, serta hal-hal informatif lain yang dapat menginspirasi.

Kehadiran internet merupakan poin penting yang merubah gaya hidup, bahkan menggeser nilai-nilai dan budaya masyarakat saat ini. Orang bisa dengan sangat mudah melakukan komunikasi. Tak lama setelah kemunculan telepon seluler yang menawarkan fitur short message service, masyarakat sudah disuguhi dengan aplikasi pesan lain, mulai dari blackberry messenger, whatsapp, we chat, kakao talk, dsbg. Pengiriman surat lewat pos mulai ditinggalkan, berkirim surat melalui email jauh lebih mudah dan ringkas. Yahoo, google, hotmail, berkompetisi untuk menjadi yang terbaik dalam menawarkan jasa pengiriman surat elektronik. Komunikasi jarak jauh pun dapat dilakukan dengan tatap muka, diantaranya melalui skype atau google talk. Perubahan yang terjadi tak hanya berdampak pada individu atau masyarakat, tetapi juga di bidang industri bahkan sistem pemerintahan. Inventarisasi maupun pengolahan data kini dilakukan secara digital. Birokrasi pun dapat diperingkas dengan memanfaatkan peran internet. Fenomena-fenomena tersebut dapat dituangkan dalam sebuah artikel, tak harus berupa narasi panjang tapi juga dalam bentuk ulasan, perbandingan, maupun tips-tips.

[ads1]

Selanjutnya, perubahan era informasi juga dapat dikritisi, dari sisi daya saing bangsa Indonesia yang hingga saat ini cenderung hanya mampu menjadi konsumen, bukan innovator ataupun pengembangJumlah masyarakat Indonesia yang besar membuat Indonesia turut menjadi penyumbang besar jumlah pengguna media sosial. Maraknya penggunaan media sosial turut berpengaruh pada gaya hidup masyarakat Indonesia melalui maraknya fenomena foto selfie, kemunculan ‘generasi menunduk’, hingga idiom bahwa gadget cenderung mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat. Perubahan era informasi yang turut menggeser nilai-nilai dalam masyarakat maupun merubah gaya hidup di masa kini mengundang beragam tanggapan yang dapat dituangkan dalam sebuah opini.

Dengan mengangkat topik “Perubahan Abad Informasi”, Redaksi Beranda Inovasi kembali mengundang para kontributor untuk mengirimkan karya-karya terbaiknya dalam bentuk artikel maupun opini  🙂

ARTIKEL

Ketentuan Umum

  1. Tulisan otentik karya pribadi, bukan plagiat.
  2. Artikel bersifat informatif, merujuk pada data/sumber yang dapat dipertanggungjawabkan, namun dikemas dengan bahasa yang ringan dan santai (bahasa populer, mudah dipahami). Sertakan bahan rujukan pada akhir tulisan.
  3. Artikel disertai dengan foto-foto, gambar-gambar atau infografis yang menarik secara visual, merupakan hak cipta pribadi atau disertai keterangan sumber.
  4. Jumlah tulisan yang dapat disertakan dalam “Call for Contributors Beranda Inovasi Bulan Juli” tidak dibatasi. Kontributor dapat mengirimkan lebih dari satu tulisan.

 

Ketentuan Konten (Pilih salah satu)

  1. Fakta-fakta unik mengenai industri besar dunia bidang teknologi informasi.
  2. Perubahan yang terjadi baik di masyarakat, industri, bahkan sistem pemerintahan atas maraknya penggunaan internet.
  3. Konten artikel lain yang sesuai dengan topik “Perubahan Abad Informasi” dengan penulisan artikel tidak harus berbentuk narasi panjang. Dianjurkan menggunakan poin-poin singkat atau beberapa sub judul. Dapat berupa ulasan, perbandingan, maupun tips-tips.

Ketentuan Teknis

  1. Diketik di kertas A4 dengan font Arial 11pt, spasi 1.5. Margin, atas: 3 cm, kanan: 3 cm, kiri: 3 cm, bawah: 3 cm.
  2. Ditulis kurang-lebih sepanjang 500 kata dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
  3. File dalam bentuk Word Document, bukan PDF.

 

OPINI

Ketentuan Umum

  1. Tulisan otentik karya pribadi, bukan plagiat.
  2. Opini diutamakan bersifat kekinian. Merupakan gagasan/pendapat/argument yang merespon fenomena kontemporer terkait topik yang diajukan redaksi.
  3. Opini akan lebih baik jika ditulis berdasarkan sudut pandang yang sesuai dengan kepakaran penulis.
  4. Jumlah tulisan yang dapat disertakan dalam “Call for Contributors Beranda Inovasi Bulan Juli” tidak dibatasi. Kontributor dapat mengirimkan lebih dari satu tulisan.

Ketentuan Konten (Pilih salah satu)

  1. Daya saing bangsa Indonesia dalam menghadapi pesatnya perkembangan bidang teknologi informasi.
  2. Bagaimana perkembangan industri teknologi informasi mempengaruhi gaya hidup masyarakat masa kini.
  3. Opini lain yang berhubungan dengan topik: Perubahan Abad Informasi.

Ketentuan Teknis

  1. Diketik di kertas A4 dengan font Arial 11pt, spasi 1.5. Margin, atas: 3 cm, kanan: 3 cm, kiri: 3 cm, bawah: 3 cm.
  2. Ditulis kurang-lebih sepanjang 500 hingga 1500 kata dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Ketentuan Pengiriman Karya

  1. Penerimaan Karya terbagi dalam dua gelombang: Gel I 17-24 Juli 2014 dan Gel II 11-18 Agustus 2014.
  2. Karya dikirimkan ke email [email protected] dengan format subject: Artikel_Judul Artikel_Nama Penulis atau Opini_Judul Opini_Nama Penulis. Contoh: Contoh: Artikel_ Memperbaiki kualitas bahan bakar biomassa dengan proses torrefaksi_M Syamsiro.
  3. Menyertakan biodata dan foto close-up dengan gaya bebas (tidak harus formal). Format biodata sebagai berikut:

–  Nama lengkap

– Tempat, tanggal lahir

– Perguruan Tinggi/Institusi beserta fakultas dan jurusan

– Alamat Rumah/Kantor

– Nomor telepon atau ponsel

– E-mail

– Website/Blog

– Social Networking (Yahoo IM, Google Talk, Google+, Twitter Username, Facebook URL, LinkedIn URL, Flickr URL Youtube URL, Pinterest URL, Instagram URL jika ada)

Bio (Deskripsi diri dlm 1-5 kalimat singkat, menjabarkan kesibukan saat ini, profesi maupun minat dan hobi).

Contact Person Redaksi: Ulya (085697869940) 

Beranda Inovasi
Beranda Inovasi

BERANDA INOVASI adalah portal online yang menyajikan informasi di bidang teknologi inovasi, artikel ilmiah populer, dan isu-isu seputar pangan, energi, serta lingkungan.

Leave a Reply