BERANDA INOVASI

“Meneropong Inovasi Menuju Masyarakat Madani”

 

Banyak dari kita memahami bahwa masih perlu banyak perbaikan untuk membenahi negeri ini…butuh banyak inovasi kebijakan yang harus disuarakan dan diaplikasikan; butuh banyak berita positif mengenai capaian anak negeri dalam berinovasi; butuh banyak keteladanan dari sosok-sosok yang mampu menginspirasi; butuh ide-ide segar mengenai perwujudan kedaulatan pangan, kemandirian energi, pelestarian lingkungan, hingga bagaimana memanfaatkan perkembangan era digital demi kesejahteraan.

Tiap masyarakat Indonesia, tentu memiliki andilnya masing-masing dalam menempuh jalan panjang menuju terciptanya Indonesia madani. Jika pembaca Beranda hendak turut andil untuk memberikan sumbangsihnya dalam bentuk tulisan, Beranda Inovasi akan dengan senang hati menerima dan menyebarluaskan pemikiran, ide, informasi dan pengetahuan yang dituliskan lewat berandainovasi.com.

 

Call for Contributions Beranda Inovasi 2015

 

Pembaca dapat berkontribusi dengan mengisi rubrik-rubrik di bawah ini:

 

LINTAS INOVASI

(Kirim ke [email protected] dengan subjek ‘Lintas Inovasi_Judul Berita_Nama Pengirim’)

Anda punya inovasi? Ingin mengulas tentang karya PKM, usaha kreatif, penelitian, atau hal inovatif dan unik lainnya? Mau inovasi tersebut dikenal? Kirimkan segera cerita tentang inovasi Anda!

 

ARTIKEL

(Kirim ke [email protected] dengan subjek ‘Artikel_Judul Tulisan_Nama Pengirim’)

Beranda Inovasi menerima tulisan-tulisan yang bersifat informatif, sesuai dengan visi dan tema besar Beranda Inovasi, merujuk pada data/sumber yang dapat dipertanggungjawabkan, namun dikemas dengan bahasa yang ringan dan santai (bahasa populer, mudah dipahami). Sertakan bahan rujukan pada akhir tulisan. Artikel yang dikirim sebaiknya disertai dengan foto-foto, gambar-gambar atau infografis yang menarik secara visual, merupakan hak cipta pribadi atau disertai keterangan sumber.

 

OPINI

(Kirim ke [email protected] dengan subjek ‘Opini_Judul Tulisan_Nama Pengirim’)

Opini diutamakan bersifat kekinian. Merupakan gagasan/pendapat/argumen yang merespon isu-isu kontemporer terutama yang berkaitan dengan bidang pangan, energi, lingkungan, dan cyber era. Opini akan lebih baik jika ditulis berdasarkan sudut pandang yang sesuai dengan kepakaran penulis.

 

SERSAN

(Kirim ke [email protected] dengan subjek ‘SerSan_Judul Tulisan_Nama Pengirim’)

Rubrik SerSan, -Serius tapi Santai-, merupakan rubrik yang berisikan catatan ringan nan menginspirasi pembaca. Sesama Pembaca Beranda Inovasi juga dapat saling memberikan komentar yang postif dan membangun dalam menanggapi catatan yang ditulis pada rubrik SerSan.

 

SOSMAS

Kirim ke [email protected] dengan subjek ‘SosMas_Judul Tulisan_Nama Pengirim’)

Rubrik SosMas, -Sosial Masyarakat-, menyoroti fenomena sosial yang terjadi dan tengah marak diperbincangkan. Tulisan dapat merupakan respon atas dampak dari pemberlakuan suatu kebijakan nasional terhadap masyarakat. Tak hanya memaparkan masalah yang terjadi, tulisan di rubrik SosMas juga menyertakan analisis dan rekomendasi.

INFOGRAFIS

 Kirim ke [email protected] dengan subjek ‘Infografis_Judul_Nama Pengirim’)

Pembaca Beranda Inovasi dapat mengirimkan data-data menarik, mengungkap fakta yang selama ini luput diperhatikan, sesuai dengan momen terdekat, atau terkait dengan isu yang sedang hangat dibicarakan. Data harus berasal dari sumber yang dapat dipertanggungjawabkan. Beranda Inovasi akan membuatkan infografis dari data yang dikirimkan pembaca.

 

Jika tertarik untuk mengirimkan tulisan, Pembaca Beranda Inovasi dapat melakukan langkah-langkah di bawah ini:

  1. Pengirim karya melakukan registrasi di web berandainovasi.com (klik menu “Registrasi” di kiri bawah web, kemudian pilih media pendaftaran (bisa melalui akun media sosial yang dimiliki). Setelah melakukan registrasi, pengirim karya telah menjadi bagian dari kontributor Beranda Inovasi yang dapat memposting tulisan-tulisannya.
  2. Tiap tulisan yang telah diposting, dapat dikirimkan ke email [email protected]dengan format subjek sesuai jenis rubrik di atas. Pengirim karya juga menyertakan biodata dan foto close-up dengan gaya bebas (tidak harus formal). Format biodata sebagai berikut:
  • Nama lengkap
  • Tempat, tanggal lahir
  • Perguruan Tinggi/Institusi beserta fakultas dan jurusan
  • Alamat Rumah/Kantor
  • Nomor telepon atau ponsel
  • E-mail
  • Website/Blog
  • Social Networking(Yahoo IM, Google Talk, Google+, Twitter Username, Facebook URL, LinkedIn URL, Flickr URL Youtube URL, Pinterest URL, Instagram URL jika ada)
  • Bio(Deskripsi diri dlm 1-5 kalimat singkat, menjabarkan kesibukan saat ini, profesi maupun minat dan hobi)

 

 

Selamat berkontribusi, semoga tulisan-tulisan inovasi yang ditampilkan Beranda Inovasi bisa menjadi ikhtiar sederhana dalam membangun negeri, menuju Indonesia madani.

 

Kami tunggu karya-karyanya!

 

CP:@ulyaamaliya/[email protected]