Fenomena Mobil Listrik
Sep 20, 2012
Perkembangan Inovasi Budidaya Kedelai
Sep 24, 2012

Budidaya Kedelai di Indonesia

Saat ini, usahatani kedelai di Indonesia tidak diusahakan pada suatu wilayah khusus yang diperuntukkan sebagai areal utama bagi pertanaman kedelai, melainkan diusahakan sebagai tanaman tambahan dengan pola tanam tertentu yang diusahakan dengan komoditas lain dalam penanamannya. Kedelai yang merupakan tanaman cash crop dibudidayakan di lahan sawah dan lahan kering. Sekitar 60 persen areal pertanaman kedelai terdapat di lahan sawah dan 40 persen di lahan kering. Pada lahan kering kedelai biasa digunakan sebagai tanaman tambahan dimana padi sebagai tanaman utamanya. Pertanaman kedelai di Indonesia praktis seluruhnya merupakan milik petani bukan milik swasta besar atau perkebunan. Karena sifatnya yang demikian, maka pertanaman individu petani umumnya sempit dan sangat jarang yang melebihi 1 ha. umumnya kurang dari 0,5 ha. Selain kepemilikan lahannya sempit, usahatani kedelai di Indonesia masih dilakukan secara tradisional.

Oleh karenanya, beberapa usaha yang digunakan untuk mengembangan usahatani kedelai dapat dilakukan melalui usaha ekstensifikasi, intensifikasi, diversifikasi dan rehabilitasi. Pengembangan usahatani, baik di sawah maupun di lahan kering dapat ditempuh melalui perluasan areal tanam, peningkatan produktivitas dan pengurangan kehilangan hasil, sistem produksi yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan.

Sumber:

Sumarno, Mansuri AG. 2007. Persyaratan Tumbuh dan Wilayah Produksi Kedelai di Indonesia. Dalam: Sumarno, Suyamto, Widjono A, Hermanto, Kasim H, editor. Kedelai: Teknik Produksi dan Pengembangan. Bogor: Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan 2007.(RAP)

Beranda Inovasi
Beranda Inovasi

BERANDA INOVASI adalah portal online yang menyajikan informasi di bidang teknologi inovasi, artikel ilmiah populer, dan isu-isu seputar pangan, energi, serta lingkungan.

Leave a Reply