Big Data: Era Baru Pertanian
May 7, 2016
Mari Berkenalan dengan Tanaman Binahong
May 10, 2016

Buat Robot Humanoid yang Dinamis, Mahasiswa UI Raih Prestasi dalam Kontes Robot Indonesia

Dengan semakin majunya teknologi yang ada saat ini, orang-orang semakin bersemangat untuk terus menerapkan inovasi dalam bidang teknologi. Salah satunya adalah dalam pembuatan robot yang dapat membantu pekerjaan manusia. Di Indonesia sendiri saat ini ada sebuah kontes yang mengikutsertakan robot sebagai pesertanya. Lomba ini telah diangkat oleh DIKTI pada tahun 2003 sebagai lomba tahunan Kontes Robot Indoionesia.

Kontes Robot Indonesia (KRI) adalah kegiatan kontes bidang robotika yang dapat diikuti tim mahasiswa dari institusi atau Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta yang terdaftar di Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

Pada KRI terdapat 5 (lima) divisi, yaitu:

  • Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI)
  • Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) tipe beroda
  • Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) tipe berkaki
  • Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI)
  • Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI)

Salah satu tim yang mengikuti lomba ini berasal dari Universitas Indonesia (UI). Pada lomba tahun ini, mereka yang tergabung dalam Tim Robotika UI (TRUI) ikut berpartisipasi dengan mengirimkan satu kelompok untuk masing-masing divisi yang ada pada KRI tingkat regional. Ketekunan dan keseriusan mereka berbuah manis dengan kemenangan yang berhasil diraih oleh hampir seluruh robot yang mereka ikut sertakan. Kemenangan ini membawa mereka dapat mengikuti KRI tingkat nasional pada bulan Juni mendatang.

Gladiatos saat Penyerahan Piala (Dok. TIm Robotika UI)

Gladiatos saat Penyerahan Piala (Dok. Tim Robotika UI)

Tim dari TRUI, yang diberi nama Gladiatos, berhasil membawa pulang piala Juara I pada divisi Kontes Robot Sepak Bola Indonesia atau KRSBI. Kemenangan ini berhasil diraih karena robot DARwin hasil buatan mereka sendiri dapat bergerak secara dinamis dalam mendekati bola.

Robot DARwin adalah proyek robot dengan platform humanoid  (robot yang menyerupai manusia) yang open-platform, dimana kode program, desain mekanis, dan keseluruhan desain dari robot ini dapat diakses pada dokumentasi robot ini (terdapat di internet). DARwin-OP sendiri merupakan kepanjangan dari Dynamic Anthropomorphic Robot with Intelligence–Open Platform, dimana robot ini dapat bergerak secara dinamis dalam berjalan dan dapat dikombinasikan dengan algoritma pengolahan citra berbasiskan sensor kamera (web-cam).

Karena robot ini mempunyai arsitektur mini-PC yang mempunyai kemampuan komputasi yang tinggi sebagai komponen utamanya. Kesulitan dalam membangun robot ini sendiri adalah dalam desain mekanik yang tidak sepresisi ketika membeli yang sudah jadi dan kesesuaian program dengan environment mini-PC yang telah menjadi bawaan ketika membeli yang sudah jadi.

Robot Trui dalam KRSTI (Dok. Tim Robotika UI)

Robot Trui dalam KRSTI (Dok. Tim Robotika UI)

Selain divisi KRSBI, TRUI juga berhasil membawa pulang piala pada divisi lain. Antara lain:

  • KRAI Juara 2, dengan nama tim MBv2
  • KRPAI Berkaki juara 3 + best design, dengan nama tim Reva
  • KRSTI Juara harapan 1, dengan nama tim Ashvara
Cika Ramadini
Cika Ramadini
Mahasiswa UI tingkat kedua di jurusan Teknik Metalurgi dan Material. Sedang aktif dalam organisasi yang bergerak di bidang sosial pendidikan bernama Technique Informal School.

Leave a Reply