Karena Sains Seharusnya Tidak Menimbulkan Bencana: Belajar dari Kisah Kapal Daigo Fukuryu Maru
Karena Sains Seharusnya Tidak Menimbulkan Bencana: Belajar dari Kisah Kapal Daigo Fukuryu Maru
Jul 27, 2015
Hidroponik Solusi Keberlanjutan Pangan Masa Depan
Hidroponik, Solusi Keberlanjutan Pangan Masa Depan
Jul 29, 2015

Belajar Mudah dan Menyenangkan dengan Boneka Edukasi

Mr. BoSi, sang Boneka Edukasi, merupakan inovasi yang dikembangkan oleh lima mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) dari disiplin ilmu yang berbeda-beda. Mereka adalah Fun Nagede Adinsyah (Mahasiswa Pendidikan Dokter Gigi 2014), Ulul Ilmi Bilqisti dan Sembadra Dyah Fitriani (Mahasiswa Teknik Industri 2012), Rahma Ariyani (Akuntansi 2013) dan Muhammad Ja’far (Teknik Mesin 2014).

20150606_235614Anak-anak Indonesia cenderung lebih senang bermain dengan produk-produk boneka buatan luar negeri. Mickey Mouse dan Donald Duck merupakan karakter yang lekat dengan keseharian anak-anak. Keinginan agar generasi Indonesia dapat tumbuh dan berkembang bersama produk-produk buatan anak bangsa mendorong Ulul Ilmi Bilqisti dan kawan-kawannya untuk mengembangkan karakter-karakter boneka edukasi. Dengan kehadiran Mr. BoSi yang didesain dengan unik dan menarik diharapkan dapat mengurangi rasa bosan dan jenuh saat anak-anak belajar.

Selain ditujukan langsung kepada anak-anak, boneka edukasi juga membidik para dokter gigi dan tenaga pengabdian masyarakat sebagai calon pembelinya. Mr. BoSi dapat digunakan sebagai media edukasi dalam mengajar atau dalam melakukan penyuluhan kepada anak-anak pada kegiatan-kegiatan pengabdian masyarakat.

Produk Mr. BoSi yang telah berhasil dipasarkan hingga saat ini ialah boneka edukasi kesehatan dan hewan. Boneka edukasi kesehatan yang diproduksi terdiri atas dua jenis, yakni boneka cerita dan boneka jari. Untuk boneka cerita, terdapat 3 seri cerita, sedangkan untuk boneka jari terdapat 1 seri. Sedangkan boneka edukasi berbentuk hewan yang telah diproduksi adalah boneka lebah. Produk-produk ini mendapat respon positif dan telah dipasarkan ke berbagai tempat di Indonesia, seperti Aceh, Makassar, Lampung, NTT, dan lain-lain.

5375-mr-bosi-media-edukasi-permudah-anak-belajar2

Ulya Amaliya
Ulya Amaliya
After studying International Relations in Gadjah Mada University, she dedicated herself as NGO's officer of Social Research and Data Analysis in Masyarakat Ilmuwan dan Teknolog Indonesia (MITI).

Leave a Reply