Beranda MITI Artikel Hal Penting Buat Kamu Pengguna Motor dan Mobil
Hal Penting Buat Kamu pengguna Motor dan Mobil
May 26, 2015
Infografis Beranda Inovasi Hutang Negara-Negara ASEAN
Setiap Bayi Lahir di Indonesia Harus Menanggung US$ 901 Hutang Negara
May 28, 2015

Belajar dari Air

water crystal

Perkembangan zaman yang terjadi dewasa ini menuntut manusia untuk menjalani ritme hidup secara cepat. Kemajuan alat transportasi dan alat komunikasi semakin mendukung manusia menghadapi era global yang serba praktis.

Tak jarang, tuntutan zaman yang begitu dinamis membuat manusia seringkali dihadapkan pada masalah-masalah psikologis seperti stress dan depresi. Jika sudah demikian, kedamaian jiwa yang kita dapat tidak akan berbanding lurus dengan semua usaha kita untuk mencapai apa yang disebut dengan “kebahagiaan”.

Namun, tahukah anda bahwa sebenarnya kedamaian jiwa bisa didapatkan dengan cara yang sangat sederhana?

Sebuah studi yang dilakukan oleh Dr. Masaru Emoto sejak tahun 1994 menguak sebuah fakta yang mengejutkan tentang air. Beliau menemukan bahwa kristal air akan memberikan bentuk yang berbeda sesuai dengan pengondisian yang dilakukan sebelumnya.

Air yang dikondisikan dalam keadaan baik akan membentuk kristal yang indah dan cenderung simetris. Sebaliknya, air yang terpapar hal buruk akan memperlihatkan bentuk kristal yang abstrak. Berikut beberapa contohnya.


Bahagia itu pilihan. Bahagia itu sederhana. Gambaran diatas memperlihatkan bahwa sesungguhnya kedamaian bisa datang dari dalam diri kita sendiri. Apabila kita mau berusaha untuk selalu berpikiran positif, berprasangka baik, dan sabar dalam menjalani setiap cobaan, tentu kondisi internal diri kita akan sebanding dengan hal-hal tersebut.

Tentunya anda tak lupa bahwa 60% dari tubuh kita terdiri atas air. Bayangkan saja apabila setiap hari anda selalu berkata positif pada diri anda, tubuh anda pun akan memberikan timbal balik yang positif pula terhadap anda.

Oleh karena itu, mencoba menjalani hari dengan berniat baik, berkata baik, dan melakukan hal baik merupakan sesuatu yang harus mulai kita biasakan sedari sekarang. (KSJ/Masaru-emoto)

Kartika Salam Juarna
Kartika Salam Juarna

Mahasiswa tingkat akhir program studi Biologi FMIPA Universitas Indonesia.

Leave a Reply