How Remote Sensing could utilised to “feed” 9 billion people by 2050?
Jul 18, 2014
Melirik Negara Paling Ramah Lingkungan
Jul 21, 2014

Bagaimana Rasa Makan Isi Pot Tanaman?

Sahabat Beranda pernah membayangkan memakan isi pot ini sekaligus? (Dok. Fru-PIC)

Sahabat Beranda pernah membayangkan memakan isi pot ini sekaligus? (Dok. Fru-PIC)

Sahabat Beranda pernah membayangkan memakan isi pot ini sekaligus?
(Dok. Fru-PIC)

BerandaInovasi.COM — Sahabat Beranda pasti mengira bahwa gambar di atas adalah asli tanaman di dalam pot. Eits, jangan salah, ternyata tanah yang kita lihat di dalam pot adalah es krim yang ditaburi dengan biskuit cokelat dan bisa disantap. Inovasi ini adalah buah karya mahasiswa Universitas Brawijaya, Malang.

 Ide pembuatan es krim yang menyerupai tanaman di dalam pot ini berasal dari keinginan untuk membuat es krim rendah lemak dan dapat mencegah osteoporosis. Es krim yang dinamai “Fru-PIC: Fruit Pot Ice Cream” ini diproduksi dari susu non hewani (100% non dairy) dari bahan susu kedelai dan buah segar. Selain rendah lemak, es krim ini juga mengandung kalsium yang dapat membantu mencegah osteoporosis.

[ads1]

 Adalah Maziatul Umi, Ina Yunita, dan Rizky Amelia, inovator penggagas ide Fru-PIC. Desain wadah yang berasal dari pot bunga merupakan daya tarik tersendiri dari produk es krim yang satu ini.”Bekas pot es krim ini bisa dijadikan pot tanaman asli. Penggunaan pot ini sendiri adalah sebuah simbol yang menunjukkan produk ini berasal dari produk pertanian, sekaligus mengajak masyarakat untuk cinta menanam,” papar Rizky Amelia seperti yang dirilis oleh situs resmi Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya (10/7).

Satu pot es krim dibanderol 15 ribu hingga 20 ribu. Varian rasa buah pun dibuat bermacam-macam, yaitu alpukat, nangka, melon, pisang, sirsak dan jambu. Inovasi produk es krim ini diharapkan dapat meningkatkan minat konsumsi buah Indonesia karena dipadukan dengan es krimm makanan pencuci mulut paling populer di dunia. (DWH)

Beranda Inovasi
Beranda Inovasi

BERANDA INOVASI adalah portal online yang menyajikan informasi di bidang teknologi inovasi, artikel ilmiah populer, dan isu-isu seputar pangan, energi, serta lingkungan.

Leave a Reply