Asal Usul Kecerdasan Anak
Jul 1, 2015
Dadiah Pangan Prebiotik Khas Minangkabau
Dadiah, Pangan Prebiotik Khas Minangkabau
Jul 6, 2015

Awas, Bahaya Radiasi Mengancam Sepanjang Hari

Bahaya Radiasi Mengancam Sepanjang Hari

Bahaya Radiasi Mengancam Sepanjang HariSiapa yang dapat menyangkal perkembangan teknologi internet dan gadget yang begitu pesat? Apalagi setelah munculnya teknologi microchip maupun nanochip yang membuat gadget semakin mobile. Tambahan pula, teknologi internet menjadi pendamping yang serasi.

Menurut riset yang dilakukan peneliti di Eropa, satu dari empat orang di dunia menggunakan fasilitas internet setiap harinya. Artinya, satu dari empat orang di dunia menggunakan gadget setiap hari. Beragam, mulai dari komputer desktop, laptop, hingga smartphone.

Rupanya, tanpa disadari hal ini ikut mengancam kesehatan. Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), beberapa tahun terakhir muncul kelainan fisik pada manusia disebabkan radiasi. Dari mana saja radiasi itu berasal?

  1. Monitor Komputer atau Laptop

Studi yang dilakukan American Optometric Association (AOA) memperlihatkan radiasi monitor dapat menyebabkan kelelahan mata dan gangguan mata lainnya seperti pandangan menjadi kabur dan mata kering. Selain itu, radiasi monitor juga berindikasi menyebabkan sakit kepala ringan hingga berat.

  1. Mouse Optik

Banyak kasus kelainan pada  jaringan tangan akibat radiasi yang dipancarkan mouse optik. Hal ini karena mouse optik bekerja dengan memancarkan gelombang elektromagnetik frekuensi  tinggi ke permukaan di bawahnya. Frekuensi yang digunakan jauh lebih  tinggi dari pada handphone. Padahal, telapak tangan dan kaki merupakan pusat ujung-ujung syaraf tubuh.

Menurut laporan WHO radiasi dari mouse setara 5 kali radiasi handphone. Radiasi mouse menjadi lebih  berbahaya karena dipegang terus menerus oleh pengguna komputer.

  1. Smartphone

Gadget satu ini seolah tak bisa jauh dari aktivitas manusia. Hampir dipastikan, pengguna smartphone menghabiskan waktunya lebih banyak dengan gadget ini. Baik itu saat perjalanan hingga saat tidur.

Padahal gelombang elektromagnetik yang terpapar dari smartphone dalam keadaan aktif bisa menyebabkan kanker otak, gangguan DNA, disfungsi otak, maupun gangguan psikologis.

Beberapa gadget di atas jelas tak jauh dari aktivitas sehari-hari. Maka, bijaklah menggunakan teknologi. Minimalisir bahaya radiasi dari gadget dengan bantuan alat khusus serta penggunaan yang benar. Ingat, kesehatan jauh lebih penting.

Bahaya Radiasi Mengancam Sepanjang Hari

David Pratama
David Pratama
Mahasiswa tingkat akhir Departemen Teknik Mesin dan Biosistem IPB. Aktif menulis jurnalistik dan sastra.

Leave a Reply