Mahasiswa IPB Rancang Robot untuk Lahan Pertanian
Mahasiswa IPB Rancang Robot untuk Lahan Pertanian
Jun 3, 2015
Beranda MITI Artikel Blok Mahakam, Harta Tua yang Masih Diperebutkan
Blok Mahakam, Harta Tua yang Masih Diperebutkan
Jun 5, 2015

Alat Ini Membuat Proses Pengeringan Padi Menjadi Lebih Efisien

Bogor – Mesin pengumpul dan pembalik biji bijian untuk pengeringan di lantai jemur ini merupakan inovasi yang baru dari mahasiswa IPB. Hasil dari rancangan Hendi Okta Kurniawan (20), Unggul Teguh (19), Dimas Ramdhani (19), Williandi (20) dan Quro (21).

Bogor – Mesin pengumpul dan pembalik biji bijian untuk pengeringan di lantai jemur ini merupakan inovasi yang baru dari mahasiswa IPB

Uji coba Astro di Dramaga, Bogor, Jawa Barat

Uji coba Astro di Dramaga, Bogor, Jawa Barat

Peningkatan produksi pangan pada sektor hulu harus diimbangi dengan penanganan pascapanen yang baik, dan menggunakan mekanisasi agar mutu dan kinerja pascapanen semakin baik.

Pada proses swasembada, diperlukan integrasi manajemen budidaya pertanian dari hulu hingga hilir. Pada penanganan pascapanen, sektor yang belum melakukan mekanisasi adalah pengeringan.

Astro merupakan mesin pembalik dan pengumpul biji-bijian untuk pengeringan di lantai jemur yang dikembangkan oleh mahasiswa IPB. Salah satu inovasi dari Astro adalah desainnya yang menggunakan  singkal (bajak).

Singkal dimodifikasi agar tidak merusak lantai jemur dan dapat melaju dengan lancar dan sedikit hambatan. Beban yang dapat ditumpu oleh kendaraan adalah 30 kg, dan maksimal 40 kg. Sehingga masih cukup kuat dan handal untuk menggumpulkan setangah karung gabah.

Tim Perancang Astro berdiskusi dengan petani sekaligus pengguna lantai jemur di penggilingan

Tim Perancang Astro berdiskusi dengan petani sekaligus pengguna lantai jemur di penggilingan

Astro sudah di terapkan di penggilingan padi di Situ Gede, Dramaga, Bogor, Jawa Barat. Astro merupakan salah satu karya yang menjadi pemenang program Pekan Kreatifitas Mahasiswa (PKM) Karsa Cipta tahun 2015.

Hendi Okta Kurniawan, Unggul Teguh, Dimas Ramdhani, Williandi, dan Quro, sekelompok mahasiswa IPB yang merancang Astro, berharap agar karya mereka dapat memberikan manfaat yang nyata.

“Kami ingat pesan senior kami: Jangan berharap menang, tapi berharaplah melakukan yang terbaik. Kemenangan itu takdir, tetapi perjuangan dapat kita upayakan!”. Bagi tim perancang Astro, kemenangan hanyalah hadiah, sedangkan kebermanfaatan adalah tujuan yang sebenarnya.

Beranda Inovasi
Beranda Inovasi
BERANDA INOVASI adalah portal online yang menyajikan informasi di bidang teknologi inovasi, artikel ilmiah populer, dan isu-isu seputar pangan, energi, serta lingkungan.

Leave a Reply