Puluhan Ribu Tenaga Kerja Asing Mencari Nafkah di Indonesia Tiap Tahunnya!
Jun 30, 2015
Bahaya Radiasi Mengancam Sepanjang Hari
Awas, Bahaya Radiasi Mengancam Sepanjang Hari
Jul 2, 2015

Asal Usul Kecerdasan Anak

1Banyak mitos yang berkembang di masyarakat tentang asal usul kecerdasan pada anak. Anda pun pastinya pernah mendengar sebagian dari mitos-mitos itu bukan? Mulai dari anjuran mencari istri cerdas sampai jenis musik apa yang sebaiknya didengarkan pada ibu hamil. Semua itu berujung pada satu hal; harapan memiliki anak dengan tingkat kecerdasan di atas rata-rata.

Sebuah studi yang dilakukan oleh seorang ahli genetika dari UMC Nijmegen Netherlands, Dr Ben Hamel, menguak sebuah fakta bahwa kecerdasan ibu akan berpengaruh pada kecerdasan anak. Hal tersebut disebabkan oleh pengaruh kromosom X yang sangat terkait dengan kecerdasan. Seperti yang kita tahu, dalam kedaan normal, seorang manusia akan memiliki 23 pasang kromosom yang terdiri dari 22 pasang kromosom tubuh dan sepasang kromosom kelamin. Tentunya seorang wanita dengan kromosom XX akan mendapatkan kesempatan yang lebih besar untuk menurunkan sifat terkait kromosom X ke anaknya. Oleh karena itu, ibu yang cerdas berpotensi besar melahirkan anak yang cerdas pula. “Dengan demikian, lebih baik memiliki ibu yang cerdas daripada ayah yang cerdas,” ujar Hamel. Lebih lanjut lagi, Dr. Bernard Devlin dari Fakultas Kedokteran Universitas Pittsburg AS, memperkirakan faktor genetik memiliki peranan sebesar 48% dalam membentuk IQ anak.

“ibu yang cerdas berpotensi besar melahirkan anak yang cerdas pula”

Penelitian lain dilakukan oleh Thomas Bouchard. Pada tahun 1979, ia mengumpulkan pasangan-pasangan kembar terpisah dari seluruh dunia dan menguji kepribadian dan IQ mereka. Hasil yang didapatkan sangat diluar dugaan karena korelasi antara anak-anak adopsi non kembar yang dibesarkan bersama ternyata nol. Artinya, tidak ada pengaruh asuhan keluarga terhadap IQ. Hal tersebut semakin menguatkan teori yang menyatakan bahwa kecerdasan itu diwariskan.

Namun demikian, faktor-faktor lain seperti nutrisi dan lingkungan juga berandil besar dalam membangun kecerdasan anak. Jika anak yang memiliki bawaan cerdas namun tidak didukung dengan nutrisi dan pola asuh yang baik, maka kecerdasaan bawaan tersebut mungkin saja dapat tergerus secara perlahan.

 

 

Sumber :

Wijaya, K., Luize A., Harli M., 2008. Mencetak Anak Cerdas? Gampang! http://BalitaCerdas.com.

Kartika Salam Juarna
Kartika Salam Juarna
Mahasiswa tingkat akhir program studi Biologi FMIPA Universitas Indonesia.

Leave a Reply