Pemenang Nobel Bangun Laboratorium Sebesar 14 Inchi
Sep 4, 2014
http://www.mediabistro.com/alltwitter/social-media-worldwide-growth_b45043
Menakar Kesosialan “Media Sosial”
Sep 8, 2014

Aplikasi Wisata Berbasis Telepon Pintar Siap Membantu Anda Jelajahi Kota-Kota Menarik di Indonesia

BerandaInovasi.COM — Perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat mengantarkan kita menuju era digital. Jika zaman dahulu kesempatan untuk memperoleh informasi dan komunikasi sangat terbatas, di masa kini hal tersebut menjadi tanpa batas. Manusia dapat memenuhi kebutuhan informasi dan komunikasi secara cepat dan mudah. Hal ini tentu didukung dengan adanya kemajuan teknologi yang semakin canggih serta penguasaan teknologi di masyarakat yang semakin meningkat.

Meningkatnya penguasaan teknologi di tengah masyarakat memunculkan inovasi dan terobosan-terobosan baru. Beragam alat komunikasi seperti telepon seluler pintar bermunculan, dilengkapi dengan beragam aplikasi yang bermanfaat untuk memudahkan segala kegiatannya. Dewasa ini inovasi teknologi mulai merasuki bidang pariwisata. Banyak daerah-daerah yang memanfaatkan kemajuan teknologi sebagai upaya dalam mendukung sektor pariwisata sekaligus untuk mempromosikan potensi wisatanya kepada wisatawan (Putra dan Maria, 2013). Beberapa kota yang mulai menerapkan terobosan tersebut anatara lain:

  1. Solo dengan Aplikasi “Solo Destination

Pemerintah Kota Surakarta bekerjasama dengan telkomsel dan PT. Gamatechno Indonesia resmi meluncurkan aplikasi city guide khusus kota Solo pada 1 Juni 2014 (Wahyu, 2014). Aplikasi yang disebut dengan Solo Destination ini merupakan aplikasi mobile yang didesain dengan konsep user friendly dan dilengkapi dengan fitur-fitur yang dapat memberikan informasi lengkap tentang destinasi terbaik di Solo seperti kuliner, hotel dan penginapan, tempat wisata, event dan pusat perbelanjaan, potensi budaya. Selain itu, aplikasi ini juga mendukung penggunaan GPS yang akan membantu dalam menemukan lokasi yang dicari. Aplikasi Solo Destination ini dapat diinstal secara gratis di Play Store dan dimaksudkan untuk membantu wisatawan dalam menjelajah serta menikmati indahnya kota budaya dengan menggunakan perangkat smartphone android (Falachiyyah, 2014).

1

Gambar aplikasi Solo Destination

  1. Banyuwangi dengan Aplikasi “Banyuwangi Tourism”

Maraknya pengguna telepon seluler pintar dimanfaatkan pemerintah Kabupaten Banyuwangi dengan meluncurkan aplikasi wisata berbasis android untuk mempromosikan potensi wisata daerah. Banyuwangi merupakan salah satu kabupaten yang banyak memiliki objek wisata eksotis seperti Kawah Ijen, Pantai Pulau Merah dan masih banyak lagi. Potensi kunjungan wisatawan ke Banyuwangi pun cukup besar. Pada tahun 2013 terdapat 496.000 wisatawan nusantara (lokal) dan 50.244 wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Banyuwangi (Data Dinas Pariwisata Kabupaten Banyuwangi, 2013). Pengembangan aplikasi wisata ini dilakukan pemkab Banyuwangi dengan menjalin kerjasama dengan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) dan Telkomsel, terutama untuk pengisian konten dalam aplikasi tesebut (Antarnews, 2014).

2

www.jpnn.com

  1. Sumatra Barat dengan “TS Go! Sumatera Barat (Padang)

Aplikasi sistem informasi pariwisata mobile di provinsi Sumatera Barat ini dibuat dengan konsep multimedia interaktif yang memanfaatkan teknologi multimedia dan bisa diakses melalui perangkat mobile. Adapun metode yang diterapkan dalam membangun aplikasi ini adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC) (Putra dan Maria, 2013). Aplikasi ini ditujukkan kepada para tourist agar dapat memilih informasi tujuan wisata yang mereka perlukan. Informasi tersebut bisa mengenai kebudayaan dan pariwisata yang dikemas dengan menarik sehingga jauh dari nuansa membosankan dan tentunya dapat meningkatkan daya tarik wisata daerah tersebut. Aplikasi ini menyajikan banyak pilihan tempat wisata, event tahunan, akomodasi, peta, transportasi dan informasi pendukung lain yang dibutuhkan wisatawan untuk menjadi referensi dalam menentukan tujuan destinasinya.

3

Gambar Aplikasi Wisata Mobile Berbasis Multimedia

  1. Ulin-ulin

Ulin-ulin merupakan sebuah aplikasi panduan wisata Indonesia yang baru diluncurkan pada 29 Juli 2013 (Zakaria, 2013). Aplikasi ini dibuat oleh PT. Ulin-ulin Indonesia dengan tujuan untuk memudahkan para wisatawan dalam menjelajahi kawasan wisata se-Indonesia tanpa kebingungan atau kesulitan mencari lokasi. Dalam Play Store, kita dapat menemukan “UlinBali”, “UlinJogja” dan “UlinJateng”. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis melalui telepon pintar berbasis Android atau iPhone dan terdiri dari tujuh kategori utama yang umum dibutuhkan oleh wisatawan seperti  Food and Drink, Hotel and Vila, Sightseeing, ActivitiesShoppingPublic Service, dan Culture. Selain itu juga dilengkapi dengan informasi prakiraan cuaca, jarak tempuh, dan harga, sehingga wisatawan bisa menyesuaikan perjalanan dengan anggaran yang dimiliki.

4

Gambar Aplikasi Ulin-ulin

Bahan Rujukan:

Dinas Pariwisata Kabupaten Banyuwangi 2013.

Putra, Fajar Solihin dan Mira Ziveria. 2013. Implementasi Sistem Informasi Pariwisata Mobile Untuk Provinsi Sumatera Barat Berbasis Multimedia. Hasil Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia: 2-4 Desember 2013.

http://www.antarajateng.com/.

http://www.jogjapages.com/.

http://www.tempo.co/read/news/. 

Audina Yuniarsanty
Audina Yuniarsanty

Mahasiswa fakultas pertanian UNS yang sangat menggemari dunia menulis dan suka berpetualang. Saat ini saya mengikuti organisasi kampus yaitu KSI (Kelompok Studi Ilmiah) dan beberapa komunitas menulis luar kampus.

Leave a Reply