Memahami ‘Sociopreneur’ Lebih Dalam (Bagian II)
Sep 11, 2015
Model Alternatif Penguatan Kemandirian Pangan melalui Local Integrated System
Oct 5, 2015

Ancaman Pariwisata Indonesia terhadap Perubahan Iklim Dunia

RinjaniTidak ada yang meragukan potensi pariwisata Indonesia. Besarnya jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) di Bali, Pulau Lombok, Kepulauan Raja Ampat, dan Yogyakarta menjadi bukti ketenaran destinasi pariwisata Indonesia di dunia. Laporan terbaru Travel & Tourism Competitiveness Index 2015 yang dirilis oleh World Economic Forum (WEF) menyebutkan bahwa Indonesia telah naik dari peringkat 70 pada tahun 2013, ke peringkat 50 pada tahun 2015 untuk kategori daya saing bidang pariwisata. Selain itu, Indonesia juga berada pada peringkat 10 pada kategori kekayaan situs bersejarah, serta peringkat 4 untuk keanekaragaman hayati. Badan Pusat Statistik mencatat jumlah kunjungan wisman ke Indonesia pada April 2015 meningkat sebesar 3,24%, menyentuh angka 749,9 ribu, yang menunjukkan keseriusan Presiden Joko Widodo dalam mencapai target +20 juta wisman per tahun pada akhir masa jabatannya, yaitu tahun 2019.

Sebagai warga Indonesia, kita patut mendukung misi “+20 juta wisman per tahun” yang diusung oleh Presiden Joko Widodo karena peran pariwisata yang tidak dapat dipungkiri sebagai salah satu sektor penting penyumbang devisa di Indonesia sehingga berpotensi mendongkrak pertumbuhan ekonomi negeri. Namun kita juga harus tetap kritis dan berpikir lebih cermat dalam implementasi misi ini, mengingat bahwa sektor pariwisata berkontribusi sebesar 5% terhadap emisi gas rumah kaca global seperti yang dilansir oleh United Nation World Tourism Organization pada tahun 2011.

Selama ini kita hanya berfokus pada perspektif yang memandang sektor pariwisata sebagai sektor yang sangat sensitif terhadap perubahan iklim, mengingat bahwa banyak dari tempat wisata di Indonesia yang sangat tergantung pada iklim untuk mendukung atraksi utamanya, seperti pantai, gunung, alam liar dan keanekaragaman hayati. Namun sangat jarang dari kita yang menyadari bahwa pembangunan hotel, pelebaran jalan untuk kemudahan mobilisasi, penggunaan pesawat/kapal/mobil sebagai transportasi menuju tempat wisata merupakan beberapa contoh aktivitas pengembangan sektor pariwisata yang bertanggung jawab terhadap isu iklim global yang semakin memanas.

copUnited Nation World Tourism Organization (UNWTO) menyebutkan bahwa 72% dari total kontribusi sektor pariwisata terhadap pemanasan global berasal dari transportasi. Oleh karena itu, langkah yang dapat ditempuh oleh Indonesia berkolaborasi dengan negara lain adalah dengan menerapkan prinsip eco-tourism yakni sebuah prinsip yang mengedepankan visi penyelamatan lingkungan dalam aktivitas promosi atau pengembangan pariwisata.

Beberapa tindakan yang dapat dilakukan Indonesia adalah;

1.) Penggiatan program investasi sektor pariwisata yang mengedepankan efisiensi energi melalui inovasi dan promosi penggunaan sumber energi terbarukan pada transportasi, seperti: mobil listrik dan pesawat tenaga surya yang telah dikembangkan di berbagai negara

2.) Masyarakat Indonesia dapat ikut berkontribusi melalui penggalakkan program eco-tourism fashion yakni aplikasi produksi sandang, tas sepatu serta kerajinan tangan lainnya yang berasal dari limbah seperti sampah plastik dan kantong semen, dengan menonjolkan sisi kearifan lokal Indonesia melalui penambahan motif batik serta motif khas daerah di Indonesia lainnya sebagai bagian ornamen atau bahkan desain keseluruhan. Program ini dapat menjadi alternatif dalam mengurangi emisi gas rumah kaca yang dihasilkan dari kendaraan bermotor yang digunakan untuk mengangkut dan mengolah limbah menuju Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Emisi 0 pada tahun 2050 merupakan target jangka panjang yang dikemukakan oleh para saintis untuk dapat dicapai oleh setiap negara di dunia termasuk Indonesia jika menginginkan kehidupan di bumi dapat berjalan lebih lama. Seperti yang disampaikan oleh Sekretaris Jenderal PBB, Ban Ki Moon yang mengatakan bahwa “There is no plan B as there is no planet B”. Perubahan iklim berjalan semakin cepat dan merupakan isu yang akan terus berlangsung dengan/tanpa upaya penyelamatan secara serius oleh manusia. Seperti yang dirilis oleh World Resource Institute pada tahun 2014, Indonesia merupakan salah satu dari jajaran 10 negara dengan peran yang lebih besar dan menentukan dalam permainan iklim dunia.

Indonesia memiliki tanggung jawab untuk mulai melakukan pembenahan dan transformasi terhadap berbagai kebijakan yang berlaku, terutama terkait sektor pariwisata agar dapat mewujudkan pariwisata berlandaskan prinsip eco-tourism yang sehat serta memberikan efek domino bagi keberlangsungan manfaat untuk sektor-sektor penting lainnya.

Ayu Pratiwi Muyasyaroh
Ayu Pratiwi Muyasyaroh
Saat ini sedang menyelesaikan studi saya di FMIPA Kimia Universitas Gadjah Mada. Telah menulis banyak artikel terkait isu perubahan iklim untuk kampanye penyelamatan masa depan iklim dunia. Banyak dari artikelnya telah berhasil diterbitkan di media berita online global serta koran Indonesia. Pada tahun ini, Ayu dianugerahi penghargaan “Certificate of Excellence” dalam Tropical Landscapes Essay Summit Competition, yang diselenggarakan oleh United Nation Office for REDD+ Coordination in Indonesia (UNORCID), Badan Koordinasi Penanaman Modal di Indonesia (BKPM), Kementerian Keuangan serta Kementerian Lingkungan dan Kehutanan Indonesia dan dalam Indonesian Young Thought-Leaders on Environment Essay Contest yang diselenggarakan oleh World Resources Institute Indonesia.

5 Comments

  1. Hmm.. Ternyata berat juga ya..

  2. Tulisannya sangat menarik sekali dan mudah inspiratif, saya juga mempunyai tulisan serupa, klik <a href="http://pariwisata.gunadarma.ac.id">Disini</a&gt; 😀 😀 Happy Sharing

  3. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai pariwisata indonesia . Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai pariwisata indonesia yang bisa anda kunjungi di <a href="http://www.pariwisata.gunadarma.ac.id/"&gt; klik disini </a>

  4. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai pariwisata Indonesia dengan sejumlah wisata yang menarik.Benar benar sangat bermanfaat jika kita dapat mengetahui tempat wisata yang menarik dan penuh dengan suasana baru pada Indonesia.Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai pariwisata indonesia yang bisa anda kunjungi di http://www.pariwisata.gunadarma.ac.id

  5. Tulisannya sangat menarik sekali dan mudah inspiratif, saya juga mempunyai tulisan yang berkaitan dengan explore indonesia, klik <a href="http://indonesia.gunadarma.ac.id">Disini</a&gt; 😀 😀 Happy Sharing 😀

Leave a Reply