Jalan-Jalan di The First European Green Capital!
May 30, 2016
Robot Tank Tanpa Awak, Inilah Kendaraan Perang Temuan Mahasiswa ITS
Jun 1, 2016

7 Tips Menarik Memanfaatkan Bawang yang Harus Diketahui Setiap Orang

Bawang Bombay via petpoisonhelpline.com

Bawang Bombay via petpoisonhelpline.com

Bawang Bombay via petpoisonhelpline.com

Siapa yang tidak mengenal bawang. Salah satu bahan pelengkap untuk memasak yang sangat sering kita temui. Bahkan bawang termasuk bahan yang hampir selalu ada di dapur. Selama ini kita hanya mengenal bawang sebagai salah satu bahan masakan. Meskipun sebagian orang telah memanfaatkan bawang untuk keperluan lain selain memasak.

Perlu kita ketahui bahwa ternyata bawang kaya akan manfaat. Manfaat bawang tersebut berasal dari kandungan zat yang ada di dalamnya. Ternyata bawang juga banyak dimanfaatkan sebagai bahan alternatif pengganti obat loh. Berikut beberapa tips memanfaatkan bawang:

Demam

Tips ini mungkin terdengar aneh, tetapi ini bekerja loh! Jika Anda mengalami demam, Anda cukup menempatkan beberapa iris bawang merah di bagian bawah kaus kaki Anda sebelum tidur. Ini adalah obat penurun demam yang baik. Terlebih lagi jika Anda memiliki anak kecil dan Anda termasuk tipikal orang tua yang tidak suka apabila anak meminum obat tanpa resep.

Goresan dan luka

Jika Anda memiliki luka, bersihkan luka tersebut kemudian tempatkan kulit bawang di atasnya. Kulit bawang akan menyebabkan pendarahan berhenti serta mempercepat proses penyembuhan.

Ada Benda Asing yang Masuk ke Mata

Jika Anda merasa ada sesuatu di mata Anda, jangan panik. Cukup memotong bawang dengan tujuan membuat diri Anda “menangis”. Menangis akan memaksa objek keluar dari mata Anda bersama air mata.

Obat Batuk Buatan Sendiri

Anda dapat membuat sirup batuk sendiri di rumah. Karena bahan utamanya adalah bawang, Anda mungkin tidak menginginkan atau menyukai bau dan rasanya, tetapi Anda dapat menambahkan madu untuk membuat rasanya menjadi lebih baik. Yuk coba resep ini!

Bekas Luka

Ekstrak bawang dapat mengurangi tampilan bekas luka karena bawang merangsang produksi kolagen sementara yang mengandung sifat anti inflamasi lainnya. Bawang juga dapat membantu mencegah darkening, terutama pada orang dengan warna kulit lebih gelap. Beberapa orang juga menggunakan obat ini untuk bekas luka bedah atau bekas jerawat.

Sengatan dan Gigitan Binatang Kecil

Jika Anda terkena sengatan lebah atau binatang lainnya, hal pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan kulit tempat disengat tadi, lalu oleskan bawang putih cincang ke daerah sengatan tersebut. Sifat anti inflamasi dari bawang akan mengurangi pembengkakan dan menarik keluar racun untuk mempercepat proses penyembuhan.

Luka bakar

Terbakar sinar matahari terkadang menyebabkan gatal dalam kurun waktu yang tidak sebentar. Untungnya, ada bawang! Untuk mengobatinya, segera letakkan sepotong bawang pada daerah yang terbakar tadi dan membiarkannya selama kurang lebih dua menit. Selanjutnya, gunakan putih telur untuk melapisi daerah yang terbakar dan biarkan kering. Anda akan kagum dengan hasil yang cepat.

Itulah beberapa manfaat bawang yang mungkin baru kita ketahui. Terlihat sederhana atau bahkan mungkin agak sepele, namun ini benar-benar bekerja loh. Selamat mencoba! (AS/Popsci)

Anis Sa'adah
Anis Sa'adah
Mahasiswa semester 4 jurusan Teknik Metalurgi dan Material Universitas Indonesia. Bergabung dalam Nano Research Society FTUI

Leave a Reply