Iqropolly, Main Monopoli Sambil Belajar Agama Islam yang Mengasyikkan
Jun 29, 2016
Tak Kalah dengan Esemka di Solo, Dosen Unnes Ciptakan Mobil Pedesaan
Jun 30, 2016

5 Fenomena Sainstek di Dunia yang Mengagumkan Pekan Ini!

Watermelon Snow di Es Arktik

Setiap hari, selalu ada fenomena sains dan teknologi di sekitar kita yang membuat takjub. Termasuk juga dua pekan ini. Dikutip dari Popular Science, Beranda Inovasi merangkum 5 fenomena sainstek yang paling menakjubkan pekan ini.

1. Saju Berwarna Seperti Semangka

Watermelon Snow di Es Arktik

Watermelon Snow di Es Arktik

Fenomena pertama muncul dari perubahan warna es arktik yang menjadi kemerahan seperti semangka (Watermelon Snow). Hal ini mungkin bisa jadi merupakan tanda dari pemanasan global yang semakin menjadi. Namun ilmuwan mengatakan warna kemerahan pada salju tersebut lebih karena perubahan warna oleh Ganggang. Mayoritas ganggang ini berwarna hijau, namun panas yang semakin menyengat membuat mereka berubah menjadi warna merah yang akhirnya mempengaruhi warna salju.

 

2. Samudera Tersembunyi di Pluto

Samudera Tersembunyi di Pluto

Samudera Tersembunyi di Pluto

Pada sebuah tulisan dalam jurnal Geophysical Research Letters pekan ini, ilmuwan menunjukan beberapa tambahan karakteristik yang tidak biasa pada Pluto yang mengarahkan pada kemungkinan adanya samudera bawah tanah tersembunyi di dalamnya. Para ilmuwan menyatakan pada letak geografis tertentu, Pluto seakan memiliki jalur es yang membeku pada permukaannya. Hal ini membuat ilmuwan berspekulasi bahwa mungkin ada lautan beku tepat dibawah permukaan Pluto.

 

3. Kapsul Menuju Mars

Misi Orion NASA

Misi Orion NASA

NASA memberikan kepada Popular Science sebuah gambar perdana eksklusif yang dirilis ke publik mengenai Orion, sebuah proyek fantastis senilai US$ 18 Milyar dari NASA. Proyek yang akan menciptakan sebuah kapsul roket yang akan membawa manusia dalam perjalanan satu hari menuju Mars.

 

4. Kecerdasan Buatan di Bidang Seni

AI-Mushroom

AI-Mushroom

Joel Lehman, seorang peneliti di IT University of Copenhagen sedang meneliti tentang penggabungan antara kekuatan jaringan saraf dalam dan algoritma evolusioner untuk menciptakan sebuah artificial intelligence (AI-kecerdasan buatan) yang bisa memahat suatu benda. Gambar di atas adalah gambar 3D dan bentuk 3D nyata dari patung jamur dengan kecerdasan buatan. Lehman merasa terpesona dengan proses evolusi dari AI yang dapat belajar dari kesalahan dan mengembangkan dirinya sendiri.

 

5. Drone Kargo

Flirtey Drone

Flirtey Drone

Untuk pertama kalinya, ada drone yang berhasil membawa obat-obatan dari darat kemudian terbang dan mendaratkannya di kapal dan akhirnya kembali lagi ke pesisir pantai. Flirtey, perusahaan yang berada di balik misi ini menyatakan bahwa kesuksesan drone ini melakukan uji coba menghantarkan barang diharapkan akan bisa diterapkan untuk peningkatan bantuan medis pada daerah bencana di pesisir. (NMY/Popsci)

Nur Maulana Yusuf
Nur Maulana Yusuf
Lulusan Institut Pertanian Bogor yang tertarik dengan dunia media, teknologi, serta sosial ekonomi di Indonesia. Saat ini menjadi bagian dari Masyarakat Ilmuwan dan Teknolog Indonesia (MITI).

Leave a Reply