Mulut Sehat dan Segar dengan Obat Kumur Minyak Jeruk Purut Inovasi Mahasiswa UGM
Jun 21, 2016
Terus Berinovasi, Google Ciptakan Alat Penggambar 3D
Jun 22, 2016

4 Inovasi yang Akan Membantu Ibu Merawat Bayi

Merawat bayi yang mengggemaskan tentu saja adalah aktivitas yang menyenangkan. Namun, bayi kecil harus dirawat dengan telaten dan sangat hati-hati, sehingga tak jarang menguras tenaga dan waktu para Ibu. Inovasi-inovasi menarik di bawah ini akan memudahkan Ibu dalam merawat bayinya. Apa sajakah itu?

 

1. Duo-Fungsi: Kereta Bayi dan Skuter

useful-inventions-17-2

Alat yang memiliki fungsi ganda sebagai kereta bayi sekaligus skuter ini tentu saja akan memudahkan para Ibu untuk membawa bayi berjalan-jalan. Selain tidak repot menggendong karena bayi dapat tidur nyaman di kereta dorong, Ibu juga tidak akan terlalu capek mendorong karena tinggal meluncur menggunakan skuter.

 

2. Payung Kepala Pelindung Mata

soft-baby-kids-children-shampoo-bath-bathing-shower-cap

Setiap orang pasti senang dengan bayi yang bersih dan wangi. Adalah tugas seorang Ibu untuk menjaga kebersihan sang bayi, termasuk kebersihan rambut. Jika Ibu khawatir sampo atau air akan mengenai mata bayi dan membuatnya merasa perih, maka inovasi ini akan sangat membantu Ibu saat memandikan bayi!

 

3. Breast Bustier

PhotoGrid_1466500178193

Air Susu Ibu (ASI) adalah makanan pokok bagi bayi. Ibu yang bekerja biasanya tetap menyiapkan stok ASI untuk bayinya agar kebutuhan nutrisi bayi terpenuhi. Inovasi yang satu ini memudahkan Ibu untuk melakukan pemompaan ASI sambil tetap dapat mengerjakan banyak hal dan hasil ASI yang didapat sudah langsung tersimpan di botolnya.

 

4. Kunyah-kunyah Si Tangan Hijau

6c776136df0a9bc38f21b0e38b513db7

Memasukkan jari tangan ke dalam mulut seringkali menjadi kebiasaan yang dilakukan secara refleks oleh bayi. Para Ibu umumnya khawatir jika kebiasaan ini terus berlanjut dan menimbulkan efek-efek yang tidak baik. Dengan inovasi ini, ketika bayi secara refleks ingin mengunyah tangannya maka yang masuk ke dalam mulut adalah mainan yang aman, sekaligus menghindarkan efek yang kurang baik bagi jari bayi.

Inovasi hadir dengan menambah unsur kebaruan dalam memecahkan masalah yang sering dialami oleh manusia. Tidak harus berupa sesuatu yang rumit, melainkan berupa nilai tambah pada peralatan yang biasa digunakan sehari-hari. Dari 4 contoh di atas, apa kalian jadi terinspirasi membuat sebuah inovasi untuk memecahkan masalah dan memudahkan pekerjan sehari-hari? (UA)

Ulya Amaliya
Ulya Amaliya
After studying International Relations in Gadjah Mada University, she dedicated herself as NGO's officer of Social Research and Data Analysis in Masyarakat Ilmuwan dan Teknolog Indonesia (MITI).

Leave a Reply