Terus Berinovasi, Google Ciptakan Alat Penggambar 3D
Jun 22, 2016
Ayo Sensor, Aplikasi Inovatif Penangkal Konten Porno dari IPB
Jun 23, 2016

4 Fakta Sains yang Akan Membuat Kamu Berpikir Seribu Kali untuk Sering Mandi Setiap Hari

Ilustrasi Mandi via healthcare-online.org

Sebagian besar orang mungkin beranggapan bahwa mandi akan membuat kita bersih dan sehat. Semakin sering mandi, tentunya semakin bersih juga tubuh kita. Di Indonesia, hal itu mungkin akan di-amini oleh hampir kebanyakan orang melihat iklim Indonesia yang punya tingkat kelembaban tinggi. Apa jadinya jika tidak sering mandi?

Namun ternyata sains menunjukan bahwa terlau sering mandi sebenarnya tidak baik untuk tubuh kita. Mengapa? Berikut beberapa fakta yang akan membuat kamu berpikir seribu kali untuk sering mandi setiap hari

 

1. Terlalu Sering Mandi Membuat Kulit Kamu Kering

Ilustrasi Kulit Kering via loremcosmetics.com

Ilustrasi Kulit Kering via loremcosmetics.com

Dr. Casey Carlos, seorang profesor medis dari University of California mengatakan bahwa mandi terlalu sering setiap hari akan menyebabkan kulit kering dan pecah-pecah. Ditambah lagi bila kita melakukan scrubbing, kulit akan kehilangan minyak esensial dan lipid (molekul alami). Mandi tentunya akan membuat kamu menggosok semua bagian badanmu, namun jika itu dilakukan terlau sering akan menyebabkan kerusakan pada lapisan terluar kulit yang pada akhirnya akan berujung pada infeksi.

 

2. Mandi Membuat Kemampuan Kulit Berkurang

Kulit akan Kehilangan Bakteri Alami via thebruttediaries.com

Kulit akan Kehilangan Bakteri Alami via thebruttediaries.com

Sebenarnya, kulit secara alami memiliki kemampuan membersihkan diri dari kuman, bakteri, serta polusi. Namun kikisan pada lapisan kulit yang disebabkan terlalu sering mandi membuat kemampuan tersebut bisa berkurang.

Dr. Joshua Zeichner, Asisten Profesor Dermatologi Mount Sinai Hospital, New York mengungkapkan bahwa terlalu sering mandi dapat menyebabkan menghilangnya bakteri alami pada kulit.

 

3. Sabun yang Kamu Pakai Tidak Bisa Membunuh Kuman

Ilustrasi sabun via samuitimes.com

Ilustrasi sabun via samuitimes.com

Dilansir dari HowStuffWorks, studi medis di Amerika Serikat menunjukan bahwa sabun yang kita sering kita pakai selama ini hanya dapat melawan kuman, tidak bisa membunuhnya. Bahkan itu hanya memindahkan kuman ke lingkungan sekitar kita.

Menurut Dr. Amaranila Lalita Drijono, SpKK, seorang dokter spesialis kulit juga mengatakan sabun antiseptik atau antibakteri yang bertebaran di pasaran juga akan membuat iritasi kulit jika terlalu sering digunakan. Selain itu, limbah cairan sabun yang kita pakai juga dapat mencemari lingkungan.

 

 

4. Mandi Secukupnya Saja Ya!

Ilustrasi Mandi via healthcare-online.org

Ilustrasi Mandi via healthcare-online.org

Mandi secara reguler memang baik untuk kebersihan dan menghilangkan bau badan. Namun jika terlalu sering, misalkan tiga kali sehari atau lebih justru akibatnya akan lebih membahayakan pada kulit dan badan. Dr. Joshua Zeichner menyarankan jikapun kondisi mengharuskan kita untuk sering mandi, bersihkan area-area tertentu yang kotor saja dengan kain lap.

Daerah tersebut antara lain wajah, payudara, ketiak, alat kelamin, bagian tubuh belakang, sela-sela jari serta bawah telinga. Tidak ada salahnya jika hanya mandi satu kali sehari. Namun beberapa treatment pada tubuhmu juga harus rutin kamu lakukan. Misalnya sering dan bersegera mencuci tangan dan wajah jika kotor. Karena bagian tersebut yang paling sering bersentuhan dengan area luar.

Selain itu, gunakan pelembab jika udara panas dan pakai sabun secukupnya juga akan membuat kulit kamu lebih sehat. Tidak lupa, pakailah baju yang bersih. Sering mandi tapi baju yang menutupi badan serta kulitmu malah tidak higienis justru akan semakin memperbanyak kuman yang ada di kulitmu bukan? (NMY)

Nur Maulana Yusuf
Nur Maulana Yusuf

Lulusan Institut Pertanian Bogor yang tertarik dengan dunia media, teknologi, serta sosial ekonomi di Indonesia. Saat ini menjadi bagian dari Masyarakat Ilmuwan dan Teknolog Indonesia (MITI).

Leave a Reply