Ini yang Perlu Kamu Ketahui tentang Diabetes
Apr 26, 2016
Mengenal 5 BUMN Penopang Ketahanan Energi Nasional
Apr 28, 2016

3 Penemuan Terkini yang Dijamin Bakal Ingin Kamu Miliki!

Cynthia Breazeal with Jibo via www.popsci.com

Cynthia Breazeal with Jibo via www.popsci.com

Cynthia Breazeal with Jibo via www.popsci.com

Popular Science, atau yang dikenal dengan PopSci, merupakan majalah dwi-bulanan yang terbit di Amerika Serikat. Setiap tahunnya, redaksi PopSci, memberikan penghargaan terhadap penemuan-penemuan yang inovatif dan memiliki manfaat bagi masyarakat.

Di tahun 2016 ini, ada 10 penemuan yang memenangkan “2016 Invention Award”. Tahun 2016 dianggap sebagai ‘masa keemasan’ dimana mimpi-mimpi tentang teknologi yang sebelumnya hanya dapat ditemui di film-film terwujud menjadi nyata. Menariknya, penemuan-penemuan yang dianugerahi penghargaan di tahun ini kebanyakan ialah hasil dari pengembangan inovasi individu, bukan dari laboratorium swasta atau divisi Research and Development perusahaan.

Berikut merupakan 3 dari 10 penemuan yang memenangkan “2016 Invention Award” versi majalah PopSci:

JIBO, Robot yang Ramah, Senang Membantu, dan Cerdas

Adanya robot yang dapat berinteraksi dengan manusia, memahami apa kebutuhan manusia, dapat mengingatkan hal-hal yang penting, serta membantu manusia menyelesaikan pekerjaan atau melakukan sesuatu, selama ini hanya dianggap sebagai imajinasi. Tapi, hal itu kini telah terwujud melalui keberadaan JIBO.

Bersahabat, senang membantu, dan cerdas. Dia dapat merasa dan merespon, juga dapat mempelajari hal baru selama Anda mengikutsertakan ia dalam aktifitas sehari-hari Anda”, demikian kira-kira deskripsi mengenai JIBO yang tertulis di web resminya. Kecanggihan robot ini bisa kamu buktikan sendiri karena dalam web resminya, semua orang dapat ikut melakukan pre-order untuk bisa mendapatkan JIBO!

 

HOVERBOARD, Papan Luncur yang Dapat Terbang

Adegan meluncur terbang di atas hoverboard selama ini hanya ada di film-film fiksi ilmiah. Namun pada tahun 2015 kemarin, Alexandru Duru berhasil melintasi Danau Quareua di Quebec, Kanada, sejauh 276 meter dengan terbang rendah setinggi 5 meter menggunakan hoverboard ciptaannya. Aksi yang dilakukan oleh Alexandru Duru berhasil tercatat dalam rekor dunia.

Hoverboard yang dinaiki oleh Alexandru Duru masih merupakan sebuah prototype. Inovasi hoverboard ini sedang terus-menerus dikembangkan agar dapat memasuki pasar konsumen.

 

eDrink, Mug Kopi yang Dapat Mengisi Daya Baterai 

Apa kebutuhan pokok di era ini? Selain kebutuhan akan sandang, pangan, dan papan, beberapa orang, khususnya kaum muda seringkali berkelakar, “charger, wifi, dan kopi”. Ya, generasi muda masa kini akan selalu merasa gelisah jika gadget yang digunakannya tidak dapat berfungsi karena baterainya habis. Selain kebutuhan akan charger, mereka juga butuh untuk tersambung dengan dunia maya melalui internet, serta membutuhkan kopi sebagai teman saat kumpul-kumpul dan bersosialisasi.

Ann Makosinski, seorang mahasiswa tahun pertama dari Columbia University yang baru berusia 18 tahun memahami kebutuhan generasi muda masa kini tersebut. Ann menciptakan penemuan berupa mug kopi yang dapat mengisi daya baterai dari gadget agar teman-temannya tak perlu merasa kesulitan apabila baterai dari gadget yang digunakannya kehabisan daya saat sedang ngobrol dang ngopi-ngopi.

 

Robot yang dapat menjadi teman manusia, hoverboard yang dapat membawamu terbang landai sejauh ratusan meter, dan mug kopi yang dapat sekaligus mengisi daya baterai gadgetmu. Tentunya, ketiga penemuan menarik ini ingin kamu miliki, kan?

Ulya Amaliya
Ulya Amaliya
After studying International Relations in Gadjah Mada University, she dedicated herself as NGO's officer of Social Research and Data Analysis in Masyarakat Ilmuwan dan Teknolog Indonesia (MITI).

Leave a Reply