Terlalu Sering Menggunakan Minyak Goreng Berkali Kali? Ini Akibatnya
Jun 14, 2016
Kontroversi Pencabutan Perda Miras : Investasi Ekonomi atau Investasi Moral Generasi Masa Depan?
Jun 16, 2016

3 Hal yang Akan Terjadi Jika Kamu Tidak Mandi Selama Sebulan

Mandi via blisstree.com

Mandi via blisstree.com

Mandi via blisstree.com

Pernah tidak mandi sepulang bekerja? Atau lupa mandi setelah habis berolahraga? Setiap orang bisa jadi pernah mengalaminya. Ada yang menganggap itu tindakan yang jorok, sebagian lain berpendapat hal tersebut tidak perlu dipermasalahkan. Namun, bagaimana jika kamu tidak mandi selama sebulan penuh?

James Hamblin, seorang penulis dari The Atlantic, melakukan percobaan apa yang terjadi pada tubuhnya jika tidak mandi selama sebulan. Ia melakukan eksperimen apakah kuman atau mikroba alami yang ada pada kulitnya akan membuatnya berbau atau justru terlihat bersih dan segar.

Sebagai tambahan, pada percobaan ini ia tidak memakai parfum atau pewangi lainnya untuk membuat tubuhnya tetap harum. Ia hanya mencuci tangan dan membasuh wajah ketika benar-benar kotor saja.

Hamblin terinspirasi melakukan tantangan ini setelah melihat seorang jurnalis, Julia Scott, yang terlebih dahulu melakukannya. Julia tidak mandi selama sebulan penuh dan hanya menyemprotkan anti bakteri ke tubuhnya setiap hari. Setelah percobaan, ia hanya membutuhkan tiga kali mandi saja untuk membersihkan semua kuman yang menempel di tubuhnya selama sebulan.

Selesai percobaan tidak mandi selama sebulan tersebut, kedua orang ini menemukan 3 fakta mengejutkan pada tubuhnya, yaitu

 

1. Tidak Mandi Bukan Berarti Membuat Kamu Bau

“Saat pertama kali melakukannya, saya mencium bau yang tidak enak. Terutama saat saya tidak memakai deodoran” Kata Hamblin. Namun setelah beberapa lama, Hamblin sudah tidak mencium bau itu lagi. Seakan tubuhnya sudah menyadari betul kondisi tersebut.

Bau badannya juga normal selayaknya manusia pada umumnya. “Kamu memang tidak akan wangi seperti bunga atau orang yang memakai pewangi, namun setidaknya kamu tidak berbau busuk” Tambahnya.

 

2. Kulitmu akan Melembab Secara Alami

Pada percobaan yang dilakukan oleh Julian Scott, dia mengatakan bahwa kulitnya terasa seperti memproduksi pelembab alami. Bahkan jerawat membandel di kulitnya pun menghilang. “Saya tidak lagi malu karena jerawat saya sudah hilang, meskipun saya tidak memerlukan produk apapun untuk membersihkannya” Kata Julia.

 

3. Menghemat Banyak Waktu yang Kamu Punya

Hamblin menghitung jika setidaknya kamu menghabiskan 20 menit per hari untuk mandi dan membersihkan kulit serta wajahmu, kamu akan menghabiskan waktu 12.167 jam atau sekitar 506 hari hanya untuk membersihkan tubuh. Dengan asumsi kamu hidup selama 100 tahun. Melihat hitung-hitungan tersebut, banyak waktu yang kamu bisa kerjakan untuk aktivitas lain bukan?

Setelah berbagai fakta di atas, tertarik ikut mencoba tantangan ini? (NMY/Wellangood)

Nur Maulana Yusuf
Nur Maulana Yusuf
Lulusan Institut Pertanian Bogor yang tertarik dengan dunia media, teknologi, serta sosial ekonomi di Indonesia. Saat ini menjadi bagian dari Masyarakat Ilmuwan dan Teknolog Indonesia (MITI).

Leave a Reply