Urbanisasi Pasca Lebaran: Positif atau Negatif?
Jul 18, 2016
“Flat Earth itu Pseudosains”, Apakah itu?
Jul 18, 2016

13 Hal Ilmiah yang Menandakan Kamu Sedang Jatuh Cinta ( Bagian 2)

Love via peaceitimi.com

Love via peaceitimi.com

Love via peaceitimi.com

Apakah kamu memiliki seseorang yang kamu cintai? Bagaimana kah rasanya jatuh cinta itu? Dan apakah kamu benar-benar mencintainya? Seringkali orang yang sedang dimabuk cinta mengatakan bahwa cinta adalah sesuatu yang tidak bisa didefinisikan, sulit diprediksi, dan muncul dengan sendirinya.

Namun, studi yang dipimpin oleh Helen Fisher, seorang antropolog dan salah satu ahli terkemuka dengan spesialisasi dasar biologis cinta, mengemukakan bahwa otak dari orang yang sedang jatuh cinta terlihat sangat berbeda. Otak dari orang yang sedang jatuh cinta juga memiliki fase yang unik dari yang tidak merasakan perasaan itu. Ia kemudian merangkum 13 hal ilmiah yang terjadi pada otak kamu yang menandakan bahwa kamu sedang jatuh cinta (Bagian 2)

 

13 Hal Ilmiah yang Menandakan Kamu Sedang Jatuh Cinta! ( Bagian 1)

 

8. “Saya akan Melakukan Apapun Untuknya”

Anything for Love via heavy.com

Anything for Love via heavy.com

Saat kamu sedang jatuh cinta, biasanya kamu akan merasakan rasa yang empati yang kuat kepada seseorang yang kamu cintai, dan akan merasa sakit saat yang kamu cintai tersakiti. Tak ayal, kamu pun akan bersedia berkorban apapun untuknya.

 

9. “Apakah Dia Suka Pakaian yang Aku Kenakan?”

Cinta Selamanya via findwallpapershd.com

Penyesuaian dengan Pasangan via findwallpapershd.com

Jatuh cinta ditandai dengan adanya kecenderungan untuk menyusun ulang agenda harian kamu sampai pada mengubah kebiasan pakaian yang kamu kenakan. Kebiasaan ini sebenarnya secara langsung dalam rangka penyesuaian diri agar kamu terlihat sama atau selaras dengan orang yang kamu cintai. Sampai pada akhirnya kamu akan terus bertanya-bertanya apakah orang yang kamu cintai akan suka dengan gaya dan pakaian yang kamu pakai saat ini.

 

10. “Bisakah Kita Menjadi Eksklusif?”

Boy-And-Girl-Love-Wallpaper

Hubungan Eksklusif

Mereka yang sedang jatuh cinta biasanya mengalami hasrat seksual dan ikatan emosional yang melekat kuat. Kerinduan akan eksklusivitas aktivitas seksual seringkali digabungkan dengan rasa posesif dan kecemburuan yang ekstrem saat pasangan yang mereka cintai terlibat perselingkuhan. Rasa posesif ini akan terus terjadi dalam kondisi hubungan yang sudah saling melekat satu sama lain.

 

11. “Ini Bukan Tentang Seks”

Ikatan Emosional Tetap yang Utama via dabiramagazine.com

Walaupun keinginan hubungan seksual untuk orang yang sedang jatuh cinta (dan sudah menikah), ternyata keterikatan emosional masih diutamakan. Sebuah studi menemukan bahwa 64% orang yang sedang dimabuk asmara –dengan persentase sama untuk kedua jenis kelamin– tidak setuju dengan pernyataan, “Seks adalah bagian paling penting dalam hubungan dengan orang yang saya cintai”

 

12. “Saya Sudah di luar Kendali”

boy-girl-couple-in-sunset-03030

Gairah Cinta Tidak Terkendali via keralaayurveda.biz

Fisher dan rekan-rekannya menemukan bahwa orang yang sedang jatuh cinta mengatakan gairah mereka sering muncul tiba-riba dan tidak terkendali.

 

13. “Cinta itu Perlahan Hilang”

Broken Love via berryquotes.com

Sayangnya, jatuh cinta biasanya tidak bisa berlangsung selamanya. Selalu ada evolusi perasaan baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang, atau psikolog menyebutnya fase dimana hubungan tersebut sudah larut. Contohnya adalah ketika ada hambatan fisik atau sosial yang menghambat kedua orang yang saling mencintai tersebut bertemu secara teratur atau kita sebut Long Distance Relationship (LDR), maka bisa jadi cinta yang muncul akan lebih lama bertahan atau bahkan sebaliknya, tidak dapat dipertahankan.

(NMY/LiveScience)

Nur Maulana Yusuf
Nur Maulana Yusuf
Lulusan Institut Pertanian Bogor yang tertarik dengan dunia media, teknologi, serta sosial ekonomi di Indonesia. Saat ini menjadi bagian dari Masyarakat Ilmuwan dan Teknolog Indonesia (MITI).

Leave a Reply